Friday, March 29, 2024
26.3 C
Jakarta
More

    10 Skill Penting Di Era Revolusi Industri 4.0, Sudah Punya Belum?

    Banyak hal yang berubah di era revolusi industri 4.0 ini. Mencari pekerjaan juga tidak lagi sama seperti generasi dahulu. Kecanggihan teknologi memberi banyak lapangan pekerjaan untuk mereka yang bisa memanfaatkannya. Dan dengan semua perubahan yang ada, gak cuma di bidang teknologi, jadi banyak pekerjaan membutuhkan beberapa kemampuan tertentu.

    Complex problem solving

    Kemampuan penyelesaian masalah melalui identifikasi permasalahan, kemudian mengulas informasi terkait untuk menentukan elemen utama masalah, melihat berbagai kemungkinan solusi dan mengimplementasikan tindakan terhadap penyelesaian masalah.

    Critical thinking and analysis

    Kemampuan berfikir logis, kognitif dan strategis sehingga mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, keputusan atau pendekatan terhadap permasalahan. Selain itu berfikir kritis mampu untuk menilai berbagai tindakan dengan tujuan yang jelas dan berorientasi pada sasaran untuk menghasilkan perubahan atau tindakan korektif.

    Creativity, originality and initiative

    Kemampuan untuk menghasilkan ide cerdas, kreatif dan unik untuk terus berinovasi sehingga mampu menyelesaikan masalah serta memberi kebermanfaatan bagi masyarakat. Dibutuhkan kemauan untuk mengambil tanggung jawab dan tantangan.

    Attention to detail, trustworthiness

    Kemampuan teliti, dapat diandalkan dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan pekerjaan dan kewajiban. Selain itu, hal lain yang dibutuhkan adalah kejujuran dan etika dalam bekerja.

    Emotional inteligence

    Kemampuan untuk mengelola dan mengontrol emosi diri sendiri. Selain itu, mampu untuk bersikap kooperatif dan peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain dalam lingkungan pekerjaannya.

    People management

    Kemampuan untuk memimpin, memotivasi, mengembangkan, mengatur, mengarahkan dan memanfaatkan sumberdaya dalam suatu pekerjaan secara efektif. Selain itu, mampu mengidentifikasi sumberdaya terbaik untuk pekerjaan tertentu.

    Persuation and Negotiation

    Kemampuan berbicara, bernegosiasi, dan meyakinkan orang dalam mengadakan kesepakatan yang selanjutnya akan menghasilkan keputusan sesuai harapan. Hal ini dapat dikuasai dengan banyak latihan dan pembiasaan diri.

    Coordination and time management

    Kemampuan untuk manajemen waktu dan bekerjasama dengan orang lain. Dibutuhkan kemauan untuk mengambil tanggungjawab dan tantangan.

    Leadership and social influence (Service orientation)

    Kemampuan untuk memimpin, mengambil alih dan menawarkan pendapat dan arahan. Selain itu, diharapkan dapat melayani dan memberikan dampak kepada orang lain.

    Cognitive flexibility

    Kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan sebagai respon penyesuaian diri melalui sifat terbuka terhadap perubahan dan keragaman dalam tuntutan situasional.

    Dari 10 skill yang telah dipaparkan, sebagian besar merupakan kemampuan “softskill”. Hal tersebut berarti softskill menjadi faktor paling penting yang harus dimiliki oleh para individu atau pekerja di Era Revolusi Industri 4.0.

    Sekarang sudah bulan kedelapan di tahun 2019, bagaimana persiapanmu dalam menghadapi persaingan global Revolusi Industri 4.0?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version