Tuesday, April 16, 2024
30.1 C
Jakarta
More

    4 Spesies Ikan yang Bisa Bertahan Hidup Di Laut Terdalam

    Laut dihuni oleh jutaan spesies ikan dan makhluk hidup lainnya dengan kemampuan bertahan hidup yang berbeda, Setiap makhluk laut ini memiliki kemampuan bertahan hidup sesuai dengan tingkat kedalaman laut. Tak semua makhluk hidup yang hidup di laut bisa bertahan di bagian laut dalam.

    Seperti yang dilansir dari laman resmi National Geographic, bagian terdalam bumi ada di Palung Mariana, yakni sedalam lebih dari 11.000 meter dibawah permukaan laut. Kehidupan di bagian terdalam bumi ini juga masih menjadi misteri diantara para ilmuwan. Menurut penelitian, ada beberapa spesies unik yang mendiami bagian laut dalam tersebut. Padahal, jika melihat kondisi laut dalam sangat mustahil untuk ditinggali karena tidak bisa ditembus sinar matahari. Nah, kira-kira spesies apa saja ya yang bisa bertahan hidup di bagian laut terdalam bumi ini?

    Hiu enam insang

    Salah satu spesies makhluk laut yang paling menyeramkan yaitu hiu ternyata bisa hidup di bagian laut terdalam lho! Hiu enam insang ini diketahui bisa bertahan hidup pada kedalaman hingga 2.000 meter, seperti yang tercatat pada British Sea Fishing. Meskipun bisa hidup di perairan dalam. Jenis hiu satu ini juga bisa ditemui di perairan dangkal. Berbekal jumlah insang yang lebih banyak yakni enam, hiu jenis ini bisa menghirup oksigen lebih banyak untuk bisa bertahan lama di bagian laut dalam.

    Ikan fangtooth

    sumber: naviri magazine

    Fangtooth fish yang memiliki rupa menyeramkan ini diketahui bisa bertahan hidup di perairan dalam, yakni 2.000 hingga 5.000 meter. Bernama ilmiah Anoplogaster cortuna, ikan ini memiliki taring yang sangat tajam dan panjang. Di siang hari, ikan ini akan berdiam diri di zona dalam. Sedangkan pada malam hari, ia akan mencari makan di zona yang lebih dangkal. Ikan ini bisa bertahan di laut dalam karena memiliki kemampuan menyerap oksigen yang lebih baik dibanding ikan di spesies laut dangkal.

    Cumi-cumi vampir

    sumber: blogunik.com

    Spesies satu ini disebut sebagai cumi-cumi vampir karena bentuknya yang melebar seperti jubah yang dikenakan oleh vampir. Cumi-cumi ini bisa ditemukan di zona perairan dalam sekitar 1.200 meter. Ditulis pada laman Aquarium of Pasific, cumi-cumi jenis ini memiliki hemocyanin yakni sel darah pengikat oksigen yang lebih kuat dibanding spesies lainnya. Sehingga, hal ini membuat jenis cumi-cumi vampir ini mampu bertahan hidup dengan menyerap oksigen lebih banyak di zona laut dalam.

    Viperfish

    sumber: fishesofaustralia.net.au

    Masuk ke dalam genus Chauliodus, viperfish merupakan spesies ikan yang bisa hidup di laut dalam, seperti yang dicatatkan di laman Britannica. Ikan ini memiliki cara unik dalam berburu mangsanya yakni dengan tubuhnya yang bisa menyala. Ikan ini dinamakan viperfish karena memiliki taring yang runcing dan panjang serta meninjol dari rahang atas dan bawah. Umumnya, spesies ini berukuran kecil yakni sekitar 30 cm saja.

    Baca juga Tradisi Ama (Wanita Penyelam) di Jepang

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version