Friday, March 29, 2024
30 C
Jakarta
More

    4 Tips Aman Parkir Sepeda Motor

    Curanmor atau pencurian sepeda motor menjadi kasus kriminal yang masih sering terjadi di Indonesia. Untuk menghindari sepeda motormu menjadi salah satu korban curanmor, maka kamu sebagai pemilik perlu lebih berhati-hati saat meninggalkan kendaraan di tempat umum atau saat memarkirkannya di tempat terbuka.

    Untuk menghindari hal tersebut terjadi, mungkin kamu membutuhkan tips bagaimana caranya memarkirkan sepeda motormu dengan aman agar tak menjadi mangsa dari para maling nakal. Bagaimana sih tipsnya? Yuk simak.

    Parkir di tempat resmi dan mudah dijangkau

    Pastikan kamu memarkirkan sepeda motor di lahan parkir resmi yang memiliki petugas penjaga ya! Sebaiknya, parkirlah di tempat-tempat yang mudah dan dekat dijangkau dari tempatmu melakukan aktivitas. Hal ini bisa membuatmu merasa lebih tenang karena sepeda motormu dijaga oleh para petugas parkir yang bertugas.

    Jangan menaruh barang berharga di jok motor

    Jok motor biasanya menjadi ruang dimana pemilik menaruh berbagai jenis benda yang dibawa setiap hari seperti helm, jaket, hingga dompet. Nah, ini yang perlu diperhatikan ya! Hindari untuk menaruh barang berharga seperti dompet atau STNK di bawah jok motor. Sebab, maling bisa saja membobol kunci jok dan mengambil barang-barang berharga tersebut. Oiya, pastikan juga kunci motormu tak ketinggalan ya!

    Kunci stang ke kanan

    Posisi default mengunci stang pada sepeda motor adalah menghadap ke kiri. Namun kini, maling sepeda motor makin cerdik dan bisa membobol sepeda motor meski sudah di kunci stang. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencoba kunci stang motor ke kanan. Hal ini bisa menyulitkan maling yang hendak membobol kunci stang sepeda motor milikmu.

    Parkirlah di posisi yang terdalam

    Untuk menyulitkan maling yang hendak mencuri sepeda motormu, akali dengan memarkirkan motor di posisi yang paling dalam. Hal ini akan membuat maling kesulitan untuk memindahkan motormu dari posisi semula karena harus memindahkan beberapa kendaraan terlebih dahulu. Biasanya, maling cenderung memilih kendaraan dengan posisi parkir termudah untuk dicuri.

    Nah, bagaimana? Mulailah untuk lebih berhati-hati dan terapkan 4 tips di atas agar sepeda motormu bisa terparkir lebih aman dan terhindar dari potensi pencurian ya! Tetaplah waspada.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version