Saturday, April 20, 2024
25.2 C
Jakarta
More

    4 Trik Membuat Diri Sendiri Senang Berhemat

    Membiasakan diri untuk bersikap hemat memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Kebanyakan orang merasakan kesulitan dalam memisahkan uang penghasilannya untuk menabung dan menahan diri untuk menghabiskannya. Padahal, menabung untuk masa depan sangatlah penting dilakukan. Karena, taka da manusia yang bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga, tabungan masa depanlah yang bisa menyelamatkan kita dari situasi buruk. Untuk bisa membiasakan diri berhemat uang dan fokus menabung untuk masa depan, ini dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan ya!

    Tetapkan tujuan

    Sebelum memulai menabung dan berhemat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan awal. Tujuan ini berfungsi sebagai motivasi untuk menghadapi kesulitan yang mungkin saja terjadi dan bisa menggoyahkan keyakinan kamu dalam menabung. Misalnya, kamu ingin di masa tuamu bisa memiliki rumah mewah dan mobil, maka jadikan hal tersebut sebagai tujuan menabung sehingga kamu bisa memperhitungkan berapa uang yang kamu butuhkan dan juga membayangkannya jika saja keyakinanmu dalam menabung mulai loyo karena banyak godaan datang.

    Berikan diri sendiri hadiah

    Selain menetapkan tujuan, hal berikutnya adalah memberikan dirimu sendiri hadiah saat kamu berhasil menabung dalam jangka waktu tertentu. Jangan menjadi terlalu pelit pada sendiri. Karena kamu telah bekerja keras dalam menabung, tidak ada salahnya loh memberikan diri sendiri hadiah sebagai apresiasi. Ketika kamu merasa senang karena telah memberikan dirimu apresiasi, hal ini bisa memotivasimu lebih lagi dalam menyisihkan uang lebih banyak di masa depan.

    Gunakan aplikasi hemat uang

    Salah satu yang menjadi hal sulit saat ingin mulai menabung adalah memisahkan anggaran pemasukan dan pengeluaran. Untuk memudahkanmu memonitor keuangan agar semuanya tercatat dengan baik dan rapi, gunakanlah aplikasi keuangan. Kini banyak perusahaan teknologi yang meluncurkan aplikasi pencatat keuangan yang bisa membantu kamu dalam mengelola segala pemasukan dan pengeluaran. Sehingga, kamu bisa mengetahui kemana saja uangmu pergi dan tak kebingungan jika tiba-tiba uangmu habis. Karena semua transaksi yang kamu lakukan telah dicatat dengan baik.

    Saat bisa Do It Yourself, maka lakukanlah!

    Biasanya, seseorang akan sangat mudah tergoda jika ada diskon besar-besaran di mall atau e-commerce, meskipun barang tersebut tidak begitu diperlukan. Kebanyakan orang suka membeli barang yang tidak diperlukan hanya karena tampilannya lucu dan menggemaskan. Jika kamu ingin bisa mengumpulkan uang dan menabung untuk masa depan, maka kurangilah kebiasaan belanja yang tidak perlu ya! Akan lebih menguntungkan jika kamu bisa memanfaatkan berbagai barang bekas yang ada di rumah untuk dijadikan benda serupa yang kamu butuhkan sehingga bisa lebih menghemat uang. Selain hemat dan unik karena bikinan sendiri, melakukan DIY alias Do It Yourself ini juga bisa menjadi kegiatan alternatif yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang loh!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version