Tuesday, April 16, 2024
30.1 C
Jakarta
More

    5 Fakta Unik Boba, Minuman Pujaan Milenial

    Selain kopi, tren kuliner tahun 2019 ini diramaikan dengan kehadiran minuman dengan cita rasanya yang manis, yaitu Boba. Boba atau yang lebih umum disebut dengan minuman bubble memang tengah ramai dibicarakan masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial. Para milenial seakan berbondong-bondong berburu mencari minuman boba mana yang paling enak.

    gambar: okezone lifestyle

    Beberapa bulan lalu, berbagai macam brand minuman boba baik lokal maupun internasional beramai-ramai membuka kedainya di Indonesia seperti diantaranya Xin Fu Tang, Tiger Sugar, Diagon Alley, Chattime, KOI The, dan masih banyak lagi. Tak main-main hype-nya, para penggemar minuman boba ini bahkan rela antri panjang demi mencicipi rasa dari minuman manis dengan khas mutiara hitamnya yang kenyal.

    sumber gambar: masakapahariini.com

    Boba sendiri asalnya terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk bulat-bulat kecil. Bahan sadar tepung tapioka ini lah yang membuat boba memiliki tekstur yang kenyal. Sebelum disajikan bersama dengan minuman seperti milktea, boba biasanya akan direndam dengan cairan gula atau madu agar memiliki citarasa yang manis.

    Untuk kamu penggemar minuman boba, ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui nih tentang asal muasal minuman bercitarasa manis ini. Berikut adalah beberapa fakta unik dari mutiara hitam ini:

    1. Boba pertama kali dicetuskan oleh Liu Han-chien asal Taiwan. Liu Han-chien ini pula yang digadang-gadang sebagai orang pertama yang menyajikan teh dalam keadaan dingin. Boba milktea ini pertama kali disajikan di kedai milik Liu Han-chien yang bernama Chun Suin Tang.
    2. Minuman boba milktea sendiri diperkirakan lahir pada tahun 1987 melalui sebuah kompetisi yang digelar oleh Liu Han-chien yang menginginkan menu baru di kedainya. Menu boba dengan campuran teh susu ini merupakan hasil karya Lin Hsiu-hui yang merupakan manajer kedai
    3. Sebelum dimasak, boba mentah memiliki warna yang bening. Namun warna tersebut berubah menjadi hitam ketika boba dimasak karena dicampurkan dengan gula hitam dan Okinawa.
    4. Di Taiwan sendiri, minuman boba ini merupakan minuman tradisional masyarakat. Seperti layaknya es cendol yang ada di Indonesia.
    5. Boba juga memiliki beberapa nama dan sebutan lain seperti bubble, pearl, dan zenzhu naicha.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version