Friday, March 29, 2024
30 C
Jakarta
More

    5 Hobi yang Dapat Meningkatkan Kesehatan

    Hobi dapat dilakukan saat waktu luang untuk menghibur diri. Melakukan hobi, tidak hanya membuat hati terasa senang, namun juga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan. 

    Terlebih lagi, di tengah kondisi pandemi ini, kita akan lebih banyak waktu di rumah karena PPKM yang mengharuskan kita mengurangi mobilitas guna menekan angka penularan COVID-19. Dengan melakukan hobi, kita akan merasa lebih baik dan tidak bosan, serta dapat meningkatkan imunitas. Berikut beberapa hobi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh!

    Menari 

    Photo by RODNAE Productions (Pexels)

    Tidak dibutuhkan alat khusus untuk melakukan hobi menari. Kamu hanya membutuhkan musik favoritmu dan kamu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk menari bersama. 

    Menari juga merupakan kegiatan yang baik untuk kesehatan mental. Menari adalah latihan kardio yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, menambah stamina, dan memperkuat tulang. 

    Berkebun 

    Photo by cottonbro (Pexels)

    Selama di rumah, kamu bisa berkebun atau merawat tanaman hias. Berkebun dapat menekan risiko demensia lebih rendah. Kamu dapat mengoleksi tanaman hias favorit kamu, tidak hanya untuk estetika rumah, tetapi juga untuk kesehatan tubuh dan mental. 

    Menulis 

    Photo by Lisa from Pexels

    Hobi menulis biasanya dikaitkan dengan kesehatan mental dan fisik, termasuk meningkatkan daya ingat, menurunkan stres, hingga memperbaiki kualitas tidur. Kebiasaan menulis juga membantu kamu untuk mengelola stres lebih baik sehingga memberikan efek positif bagi kesehatan fisik. 

    Mendengarkan musik 

    Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

    Mendengarkan musik atau bermain instrumen musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang saat ini sangat dibutuhkan semua orang. Selain itu, musik dapat menurunkan stres dan kecemasan, serta menurunkan depresi. 

    Memelihara hewan 

    Photo by Peng Louis from Pexels

    Memiliki hewan peliharaan mampu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida. Hewan peliharaan dapat mengusir rasa sepi dan membantu sang pemilik melakukan aktivitas tertentu.

    Jika kamu pecinta hewan atau suka dengan hewan-hewan tertentu kamu bisa mengadopsinya. Tentunya, memelihara hewan juga diperlukan persiapan yang matang dan penuh dengan tanggung jawab. Jangan sampai hewan jadi terlantar atau kamu malah menjadi stres karena kesulitan merawatnya. Pilihlah hewan yang memang diperbolehkan atau legal untuk dipelihara. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version