Saturday, April 20, 2024
26.2 C
Jakarta
More

    7 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Bermain Tiktok

    Tiktok merupakan aplikasi yang kini sedang populer di kalangan masyarakat dunia. Aplikasi buatan Tiongkok ini dijadikan wadah untuk berkreatifitas dalam membuat video pendek berdurasi 1-2 menit. Memadukan berbagai efek transisi keren dan musik populer, berbagai konten menarik disajikan dalam aplikasi ini. 

    Namun, tidak ada tempat yang aman dalam media sosial. Para pengguna Tiktok harus tetap waspada akan segala kemungkinan yang terjadi di internet. Untuk itu, beberapa hal ini perlu kamu perhatikan saat bermain TikTok agar tetap aman dan nyaman ya!

    Amankan password dengan kombinasi unik

    Password menjadi item penting untuk kamu para pengguna media sosial. Agar aman, buatlah password dengan kombinasi unik yang sulit diretas orang lain. Hindari untuk menggunakan password yang sama untuk beberapa akun media sosial ya! Password ini bisa mengamankan akunmu agar data pribadi tak bocor ke ranah online.

    Jangan cantumkan data pribadi

    Data pribadi sangatlah penting untuk dijaga. Sebagai pengguna media sosial, jangan sekali-sekali mencantumkan data pribadi pada profile akun seperti alamat, nomor ponsel, dan informasi pribadi lainnya. Informasi-informasi tersebut bisa saja disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab sehingga bisa merugikanmu suatu saat.

    Jadikan akun privat

    Agar lebih aman, jadikan akunmu bersifat privat. Hal ini akan mempermudah saat kamu memilih followers dan mengatur preferensi konten yang kamu inginkan. Caranya, pilih tab “Saya” lalu klik pilihan “Privasi dan Pengaturan”. Kemudian pilih “Privasi dan Keamanan”, ubah akunmu menjadi privat.

    Menyaring konten

    Bijak dalam bermain TikTok sangatlah penting ya! Lakukan penyaringan konten yang sesuai dengan preferensimu. Jangan biarkan konten yang tidak mengedukasi atau mengganggu memasuki ranah akunmu. Caranya, aktifkan mode terbatas pada pengaturan akun TikTokmu. Dengan begitu, konten yang ditampilkan akan dibatasi dan kamu bisa menyaring siapa saja yang bisa memberi komentar dan melihat konten milikmu.

    Bijak dalam membuat konten

    Menyalurkan kreativitas melalui TikTok memang baik. Namun, jangan lupa untuk selalu bijak dalam membuat konten ya! Buatlah konten yang menyenangkan dan menghibur namun juga tidak membahayakan diri dan orang lain. Hindari membuat konten yang melibatkan data pribadi seperti lokasi dan juga konten yang melanggar aturan serta ketertiban umum.

    Jangan abaikan hak cipta

    Tak perlu terlena untuk menjadi terkenal, selalu berhati-hatilah dalam membuat konten. Perhatikan hak cipta atas konten yang akan kamu buat ya! Karena, beberapa konten yang ada di internet telah memiliki hak cipta dan jika mengunggahnya tanpa izin, kamu bisa melanggar dan dikenakan sanksi lho!

    Jangan ragu melaporkan

    Media sosial telah didesain dengan berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya. Tugasmu sebagai pengguna adalah untuk bijak dalam menggunakannya. Jika dirasa ada konten yang tidak sesuai dan melanggar aturan atau bersifat membahayakan, jangan ragu untuk melaporkan konten tersebut ke pihak TikTok ya! Kamu bisa melaporkan konten-konten tersebut melalui fitur report ya!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version