Thursday, April 25, 2024
27.3 C
Jakarta
More

    Alasan Penyintas Covid-19 Baru Diperbolehkan Vaksin Setelah 3 Bulan

    Pemberian vaksin Covid-19 menjadi cara yang efektid untuk menurunkan angka kasus Covid-19. Meskipun aman, ada beberapa syarat yang perlu kamu ketahui untuk para penyintas Covid-19 yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19

    Melansir dari Halodoc.com, dikatakan oleh Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, dr. Siti Nadia Tarmizi pada hari Minggu (14/2) lalu, penyintas Covid-19 boleh menerima vaksin setelah 3 bulan dinyatakan sembuh atau negatif melalui swab test.

    Menurut Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati, Ph. D, hal ini disebabkan penyintas Covid-19 bukan termasuk prioritas yang perlu mendapatkan vaksin karena tubuhnya telah membangun antibodi selama terinfeksi virus Covid-19.

    Sebelum 3 bulan usai dinyatakan sembuh, penyintas Covid-19 memiliki kekebalan dalam tubuh. Namun, setelah 3 bulan, kekebalan dalam tubuh itu akan menurun. Maka dari itu para penyintas disarankan untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

    Tidak hanya itu saja, penyintas juga harus berusia 18 tahun ke atas sebagai persyaratan penerima vaksin Covid-19 dan dinyatakan dalam kondisi sehat.

    Baca juga: Indonesia Pasti Bisa Edukasi Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19

    Ketahui manfaat dan efek samping vaksin

    Photo by iStock Photo

    Untuk mengoptimalkan vaksin Covid-19, kamu perlu melakukan proses vaksinasi sesuai dosis yang disarankan. Vaksin Covid-19 wajib diterima sebanyak 2 dosis penyuntikan. Jarak penyuntikan antar dosis 1 dengan dosis 2 juga berbeda-beda, sesuai dengan jenis vaksinnya.

    Vaksin Covid-19 juga memiliki efek samping. Namun hal ini adalah normal. Efek samping dapat terjadi karena tubuh sedang bekerja membangun antibody atau kekebalan tubuh.

    Efek samping yang dirasakan biasanya pada bekas suntikan akan terasa nyeri dan bengkak. Penerima vaksin juga dapat mengalami demam ringan, kelelahan, hingga sakit kepala, tetapi hal tersebut bisa di atasi dengan perawatan mandiri. Jika efek samping lebih dari pada yang disebutkan atau mengalami alergi, kamu dapat menghubungi nomor penanganan KIPI di kartu vaksinasi kamu.

    Info selengkapnya mengenai jenis vaksin, manfaat vaksin, dan KIPI, kamu bisa menyaksikan webinar Indonesia Pasti Bisa bersama dr. Tirta dan Wanda Ponika selaku direktur Global Humanitarian Response Indonesia Pasti Bisa. Klik link-nya di sini!

    Baca juga: Tanggapan WHO Tentang Mencampur Dosis Vaksin

    Referensi:

    • Halodoc.com. Diakses pada 2021. Ini Alasan Penyintas COVID-19 Baru Bisa Vaksin Usai 3 Bulan
    • Kompas Online. Diakses pada 2021. Alasan Pentingnya Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua.
    • Kompas Online. Diakses pada 2021. Kenapa Penyintas COVID-19 Baru Disuntik Vaksin Setelah 3 Bulan?
    • Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What to Expect after Getting a COVID-19 Vaccine.
    • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Seputar Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version