Friday, April 26, 2024
26.1 C
Jakarta
More

    ALZI Bantu Orang Dengan Demensia (ODD)

    Alzheimer Indonesia (ALZI) adalah sebuah yayasan – organisasi non-profit yang bertujuan membantu dan meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia (ODD)/Alzheimer, serta keluarga dan caregivers-nya di Indonesia. ALZI didukung oleh berbagai komunitas dan relawan dari berbagai profesi dan usia, seperti dokter ahli saraf (neurolog), psikiater, psycho-getriatrician atau geriatric psychiatrist, ahli hukum, spesialis komunikasi kesehatan, psikolog, dokter umum, mahasiswa, dan lainnya.

    ALZI merupakan transformasi dari Asosiasi Alzheimer Indonesia yang berdiri sejak Juli 2000 melalui SK Menteri Kesehatan Prof. Dr. Ahmad Sujudi Sp.B.i. Kemudian, sejak tahun 2009, Alzheimer’s Indonesia resmi menjadi member dari Alzheimer Disease International (ADI) yang berpusat di London, Inggris, dan bekerja sama dengan World Health Organization di Geneva, Switzerland. Lalu, pada tanggal 3 Agustus 2013 Asosiasi Alzheimer Indonesia bertransformasi menjadi Yayasan Alzheimer Indonesia. Misi Alzheimer’s Indonesia terbagi dalam empat komponen, di antaranya:

    1. Meningkatkan pemahaman publik mengenai isu penyakit Alzheimer dan Demensia.
    2. Melakukan kegiatan advokasi mengenai demensia dan Alzheimer terhadap semua stakeholders di Indonesia
    3. Mempromosikan pola hidup sehat kepada masyarakat yang berusia 40 tahun ke atas sebagai tindakan pencegahan.
    4. Mendukung program peningkatan kapasitas perawat, dokter dan pengasuh, serta meningkatkan penyebaran informasi mengenai Alzheimer di Indonesia.

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version