Apa Bedanya Gerai dan PUDO SiCepat Ekspres?

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

Istilah PUDO sebenarnya bukanlah istilah yang baru di dalam bisnis logistik dan pengantaran. Memiliki kepanjangan Pick Up Drop Point Outlet, mungkin istilah ini memang tak asing bagi orang yang bekerja di industri logistik, namun bagi masyarakat umum? Mungkin PUDO menjadi istilah yang masih asing terdengar, berbeda halnya dengan “Gerai”.

Tempat yang kita kenal sebagai lokasi untuk mengirimkan paket menggunakan jasa ekspedisi tertentu seringkali disebut dengan istilah “Gerai”. Istilah ini sangat umum digunakan bukan hanya untuk bisnis logistik saja, tapi juga untuk sektor bisnis lain yang membuka cabang dan tersebar di banyak wilayah.

Nah, SiCepat Ekspres sebagai perusahaan logistik dan pengiriman menggunakan kedua istilah tersebut yakni “Gerai” dan “PUDO”. Nah, apa sih perbedaan diantara keduanya?

Gerai

Umumnya, istilah “Gerai” sering digunakan oleh masyarakat untuk menyebut sebuah toko cabang dari sebuah perusahaan. Jika berkaitan dengan perusahaan logistik, gerai seringkali diasosiasikan sebagai tempat untuk mengirim barang.

Namun, berbeda dengan lainnya, SiCepat Ekspres menggunakan istilah “Gerai” untuk menyebut sebuah tempat yang berfungsi sebagai lokasi dimana aktivitas terkait pengiriman barang terjadi mulai dari paket diterima, disortir, hingga dikirim. Bisa dibilang, gerai merupakan dapur dari bisnis pengiriman yang dilakukan oleh SiCepat Ekspres.

Jika dilihat dari segi bangunan, Gerai juga tidak memiliki pembagian sekat ruangan. Sehingga, segala aktivitas drop barang hingga penyortiran terjadi dalam satu ruangan. Sehingga, hal ini menyebabkan alur proses masuk keluarnya paket terlihat sangat padat dan sibuk.

Dilihat dari luar pun, Gerai tidak dilengkapi dengan tools marketing seperti diantaranya roll banner terkait layanan dan promosi, flyer, hingga poster. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa drop paket dan mengirimkannya melalui Gerai SiCepat Ekspres yang ada didekatmu ya!

PUDO (Pick Up Drop Point Oulet)

Berbeda dengan gerai, PUDO (Pick Up Drop Point Outlet) memiliki perbedaan yang signifikan dari segi tampilannya. Jika gerai adalah tempat segala aktivitas baik pengantaran dan pengiriman terjadi, PUDO lebih memfokuskan pelayan kepada customer yang hendak mengirim paket.

Hal ini bisa dilihat dari segi bangunan yang memiliki standar tertentu. Jika dilihat dari luar, PUDO memiliki ciri khas pintu kaca yang dilapisi dengan sticker produk layanan SiCepat.

Masuk ke bagian dalam, PUDO menyediakan ruang tunggu untuk customer saat hendak drop paket untuk dikirim. Di bagian dindingnya, PUDO menggunakan wallpaper bernuansa merah dengan menampilkan maskot SiGesit untuk memberi kesan SiCepat yang khas. Di bagian depan pula, ada meja dengan perangkat komputer serta mesin cetak resi untuk petugas menginput data paket yang hendak dikirim oleh customer.

Berbeda dengan gerai, PUDO memiliki struktur ruangan bersekat. Dimana proses sortir barang terpisah dengan tempat customer drop paket. Proses sortir paket dan admin ada di ruangan berbeda, sehingga tidak mengganggu aktivitas customer yang melakukan drop paket.

Ciri khas lainnya, PUDO dilengkapi dengan berbagai tools marketing lain mulai dari poster mengenai produk, tata aturan hingga promosi, flyer, roll banner, dan lain sebagainya. Sehingga membuat customer bisa dengan mudah mendapat informasi seputar promo yang sedang berlaku dan layanan SiCepat Ekspres lainnya.

Nah, gimana? sudah paham kan bedanya gerai dan PUDO SiCepat Ekspres? Jangan bingung lagi ya!

Untuk mengetahui informasi seputar lokasi Gerai dan PUDO SiCEpat terdekat dengan lokasimu, bisa cek di website www.sicepat.com atau melalui aplikasi SiCepat Ekspres ya!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fans Marvel Wajib Kunjungi Avengers Campus California!

Penggemar berat pahlawan super dari Marvel akhirnya sudah bisa menjelajah area superhero di wahana Avengers Campus. Wahana Avengers Campus...

Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

Mengawali bisnis pasti ada saja tantangan dan kesulitan yang kamu alami. Terkadang rasanya ingin menyerah saja, tetapi tentunya tidak...

Sicepat Ekspres Berikan Bantuan Perahu Karet ke BPBD Kabupaten Bekasi Untuk Antisipasi Bencana Banjir

SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR SiCepat Peduli menyalurkan bantuan berupa perahu karet ke BPBD Kabupaten Bekasi pada hari Jumat, 8 Oktober...
Exit mobile version