Friday, April 19, 2024
33 C
Jakarta
More

    Apa Sih Makna Dibalik Tradisi Bagi-Bagi THR Saat Lebaran?

    Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat penting bagi umat Islam. Di Indonesia sendiri, kemeriahan perayaan Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan lebaran ini diramaikan dengan berbagai tradisi unik di setiap daerah. Namun ada satu tradisi yang sangat khas yang dilakukan oleh sebagian besar umat Islam di Indonesia pada saat lebaran datang, yakni tradisi bagi-bagi THR.

    Awalnya, THR merupakan istilah yang digunakan oleh para pekerja yang mendapatkan Tunjangan Hari Raya saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Tunjangan ini dimaksudkan sebagai bantuan dari pihak perusahaan bagi pekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan pokok selama hari lebaran tiba. Tunjangan ini pun diberikan karena sebagian harga barang-barang pokok saat lebaran mengalami kenaikan dan juga adanya tradisi mudik ke kampung halaman, sehingga pekerja membutuhkan dana lebih untuk bisa memenuhi kebutuhannya saat lebaran.

    Namun seiring berjalannya waktu, istilah THR ini tak hanya digunakan sebatas tunjangan hari raya yang didapatkan oleh para pekerja saja, melainkan sudah bergeser menjadi makna yang lebih luas. Tradisi bagi-bagi THR kini menjadi sebuah tradisi yang kerap dilakukan oleh sebagian masyarakat yang telah memiliki penghasilan sendiri untuk membagikan uangnya kepada sanak saudara, khususnya yang masih dalam kelompok usia anak-anak. Tradisi bagi-bagi THR yang dilakukan oleh sebagian masyarakat umat muslim di Indonesia ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi masing-masing orang.

    Tradisi bagi-bagi THR ini juga bukan tradisi yang buruk. Sebab, tujuan awal dari adanya tradisi ini adalah saling berbagi rezeki kepada sanak saudara serta membawa kebahagiaan kecil kepada anak-anak yang berada di sekitar kita. Selama dilakukan dengan niatan yang baik dan tanpa pamrih, tradisi bagi-bagi THR saat lebaran ini masih diperbolehkan untuk dilakukan.

    Tradisi bagi-bagi THR untuk anak-anak saat lebaran tiba pun sering diartikan sebagai sebuah reward atau penghargaan bagi anak-anak yang telah berhasil menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Karena reward inilah, tujuan dari tradisi bagi-bagi THR juga adalah untuk memotivasi anak-anak untuk lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa di tahun-tahun berikutnya.

    Namun yang perlu diingat, bagi siapapun yang memberikan hadiah baik berupa barang maupun uang kepada sanak saudara saat lebaran, haruslah memiliki niatan yang tulus. Hal tersebut akan memperkuat hubungan persaudaraan karena Allah, menumbuhkan rasa cinta serta menghapus kedengkian karena Allah. Jadi, hal-hal baik tersebut bisa tetap kamu lakukan asalkan hal tersebut dilakukan harus dilandasi dengan kecintaan dan keridhaan Allah semata.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version