Friday, April 19, 2024
33 C
Jakarta
More

    Ayo Vaksin COVID-19 Untuk Indonesia Lebih Sehat

    Vaksin COVID-19 sudah masuk ke Indonesia. Beberapa vaksin yang dapat digunakan di Indonesia, di antaranya Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac. Salah satu jenis vaksin yang sudah tiba di Indonesia adalah Sinovac. Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin telah tiba di tanah air pada 6 Desember 2020 lalu.

    Sejumlah tokoh di Indonesia juga sudah mendapatkan vaksin di tahap pertama. Dilansir dari laman resmi Covid-19.go.id, masyarakat lanjut usia (60 tahun ke atas) termasuk kelompok penerima vaksin tahap kedua selain Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik, dan lain-lain. Kelompok prioritas penerima vaksin tahap kedua ini merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi, sehingga rentan tertular dan menularkan virus COVID-19. 

    Vaksin Sinovac yang telah tiba di Indonesia ini sudah teruji secara klinis dan dievaluasi oleh BPOM. Vaksin Sinovac mengandung virus yang sudah dimatikan (inactivated virus), bukan virus yang hidup atau dilemahkan. Vaksin ini juga tidak mengandung boraks, formalin, merkuri, dan pengawet. Pemerintah telah mengklarifikasi bahwa vaksin COVID-19 Sinovac tidak mengandung sel vero. Sel vero hanya merupakan media kultur untuk tumbuh kembang virus sebagai bahan baku vaksin.

    Mengikuti himbauan Kementerian Kesehatan, bagi kamu Sahabat SiCepat dan masyarakat yang memiliki keluarga yang merupakan kelompok lansia (lanjut usia di atas 60 tahun) kamu bisa mendaftar melalui situs resmi Kementerian Kesehatan. 

    Mekanisme pendaftaran vaksin bagi lansia akan dilaksanakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), sebagai berikut:

    1. Mengunjungi situs Kementerian Kesehatan RI, yaitu www.kemenkes.go.id dan situs Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id
    2. Klik tautan pendaftaran pada kedua situs tersebut untuk mendapatkan sejumlah pertanyaan. 
    3. Menjawab pertanyaan tersebut dan meminta bantuan anggota keluarga atau RT/RW setempat. 

    Saat ini vaksin sudah tersedia di beberapa daerah di antaranya, DKI Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan masih banyak daerah lainnya yang bisa kamu cek di tautan ini

    Yuk, daftar vaksin agar memutus rantai penularan virus Corona dan jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version