Saturday, April 20, 2024
32.7 C
Jakarta
More

    Batas Konsumsi Makanan Cepat Saji Menurut Ahli

    Makanan cepat saji sering dijadikan pilihan untuk dimakan saat seseorang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

    Makanan cepat saji sering disebut sebagai makanan yang tidak sehat bahkan dapat membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan.

    Menurut Lily Arsati Lestari, Staf Pengajar Prodi S1 Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, pada umumnya makanan cepat saji tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi manunsia karena tidak ada gizi seimbang dari makanan tersebut.

    Lily mengatakan, walaupun makanan fast food tidak mengandung gizi yang seimbang, tetapi sajian tersebut masih bisa dikonsumsi sesekali.

    Baca juga: Makanan Peningkat Imunitas yang Perlu Dikonsumsi Setelah Vaksin

    Makan maksimal satu kali dalam seminggu

    Menurut Lily, sampai sekarang belum adanya batasan konsumsi makanan cepat saji yang pasti. Tetapi, ia menyarankan untuk makan fast food sebanyak satu kali dalam seminggu.

    Lily menuturkan “batasan yang disepakati sebenarnya tidak ada. Namun, kalau dari sisi keberadaannya makanan tersebut hanya ada di pusat perbelanjaan atau mall. Jadi, saya rasa kalau misalnya makan smeinggu sekali atau dua minggu sekali masih oke.”

    Ia berkata bahwa terkadang makanan tidak selalu hanya dilihat dari kandungan gizinya, tetapi dari faktor lain, seperti kesukaan atau bisa membuat orang senang.

    Photo by Tim Samuel from Pexels

    Bisa diterapkan oleh semua orang

    Menurut Lily, batasan mengonsumsi makanan fast food sebanyak satu kali seminggu dapat diikuti semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan, Lily mengatakan penggiat diet dapat mengikuti batasan yang sama untuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

    Sebagai penggiat diet, mungkin harus menyesuaikan kebutuhan kalori harian dengan makanan siap saji yang ingin dikonsumsi. Satu porsi ayam goreng dan kentang goreng dapat mengandung sebanyak 500 kilo kalori.

    Baca juga: Resep Olahan Ikan Tenggiri yang Lezat

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version