Wednesday, April 24, 2024
33 C
Jakarta
More

    Buka Bersama Virtual Jadi Tren Ramadhan 2021

    Buka bersama merupakan kegiatan yang biasa dilakukan ketika bulan puasa tiba. Buka bersama bisa dilakukan dengan keluarga, kerabat, teman lama, bahkan menjadi kesempatan untuk reuni dengan teman-teman semasa sekolah. Namun, sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020, kegiatan ini menjadi sulit untuk kita lakukan. 

    Adanya pembatasan sosial yang melarang masyarakat berkerumun membuat beberapa restoran atau venue juga membatasi jumlah orang yang diperbolehkan masuk. Daripada buka bersama tidak dapat terlaksana karena sebagian tidak dapat hadir, kamu bisa mencoba buka bersama secara virtual yang jadi tren baru di 2021. Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk buka bersama virtual!

    Mengajak banyak teman

    Photo by iStock Photo

    Karena dilangsungkan secara virtual, buka bersama virtual tak terbatas pada jumlah orang. Semakin banyak jumlah orang yang terlibat, maka acara akan semakin seru dan diramaikan. Kamu bisa mulai acara ini satu jam sebelum buka puasa sebagai pembuka obrolan dengan teman-teman. Carilah topik-topik yang seru, seperti cerita-cerita lucu pada zaman sekolah atau kuliah dulu. 

    Siapkan perangkat dan aplikasi digital 

    Photo by Armin Schreijäg (Pixabay.com)

    Kamu perlu menyiapkan perangkat digital yang paling nyaman, baik laptop, tablet, handphone, atau PC karena buka bersama virtual akan berdurasi cukup lama, apalagi jika acara yang kamu buat sangat seru. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan memiliki fitur yang mudah dimengerti. Kamu bisa menggunakan zoom atau google meet sebagai media untuk bertemu dengan teman-teman secara virtual. Jangan lupa, kamu juga perlu mempersiapkan jaringan internet yang baik agar acara bukber virtual menjadi lancar. 

    Atur pencahayaan dan background 

    Photo by Ekaterina Bolovtsova (Pexels.com)

    Sebelum memasuki ruang meeting sebaiknya kamu atur terlebih dahulu pencahayaan di tempat kamu berada agar wajahmu terlihat jelas oleh teman-teman. Kamu juga perlu mengatur kondisi background atau latar di belakangmu. Disarankan kamu menggunakan latar yang rapi, tidak terlalu banyak barang, dan disesuaikan dengan pakaian yang akan kamu kenakan nanti, agar menghasilkan foto yang estetik ketika foto bukber virtual bersama. 

    Menyiapkan makanan dan minuman 

    Photo by Sharon Ang (Pixabay.com)

    Sebaiknya makanan dan minuman sudah tersedia di dekatmu agar kamu tidak meninggalkan ruang meeting ketika acara sedang berlangsung. Agar tidak terlambat, kamu bisa memesan makanan dengan aplikasi pesan antar yang menghadirkan fitur penjadwalan sehingga makanan yang kamu pesan dapat sampai tepat waktu atau sebelum acara dimulai. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version