Tuesday, April 16, 2024
34.1 C
Jakarta
More

    Cara Jitu Berjualan Online Dengan Media Sosial

    Media sosial telah menjadi tempat promosi dan peluang untuk menawarkan berbagai produk kepada konsumen. Dengan media sosial, kamu juga dapat mengetahui siapa saja yang ditargetkan sebagai calon customer.

    Berjualan online di media sosial memang terlihat mudah, namun dibutuhkan banyak persiapan dan perencanaan untuk mendapatkan peluncuran yang sukses. Berikut adalah cara yang diperlukan untuk meluncurkan sebuah brand atau produk di media sosial.

    Tetapkan tujuan yang jelas

    Sebagai pebisnis, kamu perlu mengidentifikasikan KPI (key performance indicator) dan tujuan sebelum mempersiapkan hal lainnya. Hal ini tentunya berbeda untuk setiap merek dan dapat dipengaruhi oleh penjualan, peningkatan daftar email, atau kesadaran merk jangka panjang. Tentukan berapa banyak uang yang akan kamu investasikan ke dalam produk atau merk ini.

    Kembangkan lini masa (timeline)

    Kamu harus menetapkan tanggal peluncuran. Setelah itu merencanakan dan memetakan timeline mulai dari tanggal saat ini hingga tanggal peluncuran. Susun timeline tersebut menjadi rangkaian-rangkaian langkah yang akan dilakukan. Sesuaikan timeline dengan kebutuhanmu agar tidak terlalu lama atau terlalu ketat sehingga malah membuat kamu kewalahan.

    Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

    Pilih platform media sosial terbaik

    Fokuskan pada dua hingga tiga platform terbaik untuk berjualan online. Pastikan platform yang kamu pilih memang sesuai dengan target market. Pemilihan platform media sosial dapat berpengaruh pada laba dan investasi.

    Strategi pemasaran influencer

    Menggunakan strategi marketing dengan influencer untuk membantu mendorong promosi. Buatlah kesepakatan dengan influencer yang telah melibatkan audiens yang sesuai dengan target pasar kamu.

    Rancang aset kampanye

    Buatlah konten yang mendukung kampanye produk/merk yang telah kamu luncurkan. Setiap aset konten juga disesuaikan dengan media sosial yang kamu gunakan. Tetapkan waktu penayangan konten sesuai dengan prime time media sosial yang kamu pilih.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version