Friday, April 19, 2024
30.1 C
Jakarta
More

    Deretan Fakta dan Kontroversi Vaksin AstraZeneca

    Vaksin AstraZeneca yang berasal dari perusahaan Inggris yang masuk ke Indonesia di tahun 2021 ini memiliki permasalahan serta kontroversi. Peristiwa yang ditimbulkan dari vaksin ini pun beragam, mulai dari efek samping pasca vaksin yang cukup berat hingga isu kehalalannya. 

    Melansir cnbcindonesia.com, Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen mengeluarkan peringatan keras kepada perusahaan vaksin AstraZeneca untuk menaati kaidah yang ditentukan oleh UE dalam memproduksi vaksin. Bila tidak, maka perusahaan tersebut terancam di embargo. 

    Diklaim oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, fokus terbaru dari ancaman ini adalah pabrik AstraZeneca di Belanda yang merupakan bagian dari rantai pasokan vaksin untuk memenuhi permintaan pasar Inggris sehingga membuat pasokan di UE menurun. Inggris membalas serangan ini dengan memperingatkan UE agar tidak menghentikan ekspor vaksin AstraZeneca jika blok tersebut tidak menerima pengiriman yang dijanjikan. 

    Tidak hanya permasalahan yang muncul dari negara yang membuat vaksin itu sendiri, beberapa fakta serta kontroversi lain menyelimuti vaksin yang diproduksi dengan kerjasama dari University of Oxford ini! Melansir dari cnbcindonesia.com yang mengutip CNBC Internasional, berikut deretan fakta dan kontroversi vaksin AstraZeneca!

    Angka keampuhan yang “tidak jelas” untuk lansia

    Beberapa negara di Eropa mulai meragukan efikasi vaksin AstraZeneca pada kelompok usia di atas 65 tahun. Rekomendasi pun dikeluarkan oleh komite vaksin Jerman, bahwa vaksin AstraZeneca harus ditawarkan hanya kepada orang yang berusia 18-64 tahun dengan alasan tidak ada data uji coba yang cukup untuk menilai kemanjuran pada orang di atas 65 tahun.

    Photo by iStock Photo

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version