Saturday, April 20, 2024
28 C
Jakarta
More

    DIY Rak Buku Dari Kardus Bekas Paket

    Sahabat SiCepat, kamu pasti memiliki kardus bekas yang tertumpuk di rumah, baik bekas paket belanja online, maupun yang lainnya. Kardus yang menumpuk dapat membuat estetika rumahmu menjadi berkurang dan terlihat berantakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba daur ulang kardus bekas paket menjadi alat-alat rumah tangga yang lebih berguna. 

    Dengan kardus bekas, kamu bisa membuat rak buku sederhana agar buku-buku yang tertumpuk di rumahmu memiliki tempat yang lebih layak dan terlihat lebih rapi. Jangan lupa, kumpulkan barang-barang pendukung, seperti lem, gunting, dan lainnya sesuai kebutuhan, serta niat dan tekad untuk membuatnya! 

    Kamu bisa memanfaatkan kardus berukuran besar, seperti bekas TV atau kulkas untuk dijadikan rak buku. Siapkan alat dan bahan berupa kardus tebal, penggaris, cutter dan gunting, lem tembak, kertas samson dan HVS, serta pensil. Perhatikan dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

    Buat pola dan ukuran 

    Ambil semua alat dan bahan. Mulai pengerjaan dari lembaran kardus yang akan kamu buat menjadi rak buku. Pilih salah satu bidang pada permukaan kardus untuk membuat pola yang sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. 

    Kamu bisa membuat pola rak buku berbentuk persegi dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Kamu perlu mempertimbangkan dimensi ruangan yang tersisa untuk menempatkan rak buku tersebut, serta ukuran dan jumlah buku yang kamu miliki. Catat semua ukuran, lalu tuliskan angka-angka tersebut pada permukaan kardus. 

    Potong kardus sesuai pola dan ukuran 

    Photo by Karolina Grabowski from Pexels.com

    Pastikan semua telah kamu ukur dan tandai dengan baik, selanjutnya kamu potong pola tersebut. Usahakan serapi mungkin dengan menggunakan gunting atau cutter, pilihlah alat yang paling nyaman untuk kamu gunakan. 

    Satukan bagian yang sudah dipotong

    Satukan bagian-bagian tersebut untuk menjadi rak buku. Susun bagian-bagian tersebut dengan menggunakan lem tembak agar kuat dan kokoh atau kamu bisa menggunakan lem kayu agar lebih maksimal. 

    Berhati-hatilah pada proses pengerjaan yang satu ini. Pertama, jangan sampai kamu salah menempelkan bagian di tempat yang tidak seharusnya. Kedua, gunakan sarung tangan untuk menghindari tangan terkena lem panas dari alat lem tembak. 

    Tutup bagian permukaan rak buku dengan kertas coklat 

    Selagi kamu menunggu lem kering, ambil lembaran kertas samson yang telah disiapkan. Kemudian letakkan lembaran yang lebar tersebut di atas rak buku. Lalu, lipat dengan mengikuti bagian dari permukaan rak buku. 

    Sesuaikan dengan bentuk rak buku, kemudian tandai dengan lipatan. Lipatan tersebut bertujuan menjadi panduan kamu saat memotong kertas samson. Lalu, gunting dan tempelkan masing-masing bagian pada permukaan rak buku. 

    Berikan lis putih dengan kertas hvs 

    Ambil kertas HVS putih yang telah disiapkan. Kertas ini berfungsi untuk pelapis luar rak buku dari kardus. Gunanya, untuk menutupi permukaan yang tidak dilapisi dengan kertas samson, yakni pada lis tepian rak buku. 

    Ukur setiap permukaan rak buku yang belum terlapisi. Kemudian aplikasikan pada kertas putih, lalu buat potongan memanjang, mengikuti ukuran tersebut. Terakhir, tempelkan di setiap tepian rak buku agar tampilannya lebih rapi. 

    Itu dia DIY rak buku yang terbuat dari kardus bekas paket! Kamu juga dapat menemukan ide lainnya untuk mendaur ulang kardus bekas paket, seperti yang di rekomendasikan oleh instagram @sahabat_sicepat di bawah ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version