Friday, April 19, 2024
33 C
Jakarta
More

    Hindari Penipuan dengan Rekening Bersama

    Pernahkah kamu mendengar soal rekening bersama? Sesuai namanya, rekening ini merupakan rekening atas nama lebih dari satu orang dan berguna untuk mengurangi penipuan yang sering terjadi pada jenis transaksi jual beli online.

    Jika kamu sering melakukan atau akan melakukan aktivitas jual beli berbasis internet, maka kamu wajib memiliki rekening bersama.

    Apa itu rekening bersama?

    Rekening bersama memiliki arti berbeda menurut setiap sumber. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) rekening bersama atau rekber adalah sebuah rekening beratas nama lebih dari satu orang. Sedangkan dalam dunia bisnis, rekening bersama adalah sebagai pihak ketiga untuk menampung dana selama masa jual beli. Kedua pihak pemilik rekening harus menyetujui menyediakan layanan rekening tersebut. 

    Sistem rekber atau juga lebih dikenal sebagai eskro sudah lama ada di luar negeri dan baru dikenal karena sistem jual beli online yang baru marak saat ini. Pemegang rekber adalah pihak yang akan mendapatkan keuntungan dari biaya adminitrasi penggunaan layanan.

    Baca juga: Proteksi Keamanan Paket Dengan Asuransi SiCepat

    Mengapa Perlu Menggunakan Rekber?

    1. Terjamin Keamanannya

    Semua pihak dalam rekber dijamin keamanannya karena rekber merupakan sistem paling aman dalam transaksi online. Dalam hal ini, jika penjual mengirimkan produk cacat atau tidak sesuai, maka uang pembeli akan dikembalikan dan hal yang bersama berlaku jika penjual tidak mengirim barang sama sekali.

    2. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

    Sebagai salah satu metode bisnis terpercaya, maka penjual akan mendapatkan kepercayaan dari pembelinya. Pembeli yang sudah mendapatkan pengalaman belanja memuaskan akan memberi penilaian toko sebagai tempat terpercaya.

    3. Pengiriman Produk Terjamin

    Sering terdengar issue mengenai kurir yang membawa kabur produk yang akan dikirim ke alamat pembeli, namun jika kamu menggunakan rekber maka tidak perlu khawatir lagi karena uang pembeli akan otomatis dikembalikan.

    Photo by Kindel Media from Pexels

    Kekurangan Rekening Bersama

    1. Arus Keuangan Tersendat

    Hal ini disebabkan oleh sistem di rakber yang baru bisa mendapatkan uang dalam dua kondisi, yaitu saat pembeli menyatakan barangnya sudah diterima dari platform marketplace dan jika pembeli lupa mengkonfirmasi pesanan yang sudah datang ke alamatnya, biasanya akan ada tenggat waktu agar barang berubah status menjadi “diterima”.

    2. Dana Diendapkan

    Jumlah dana akan diendapkan selamanya apabila tidak ada persetujuan dari kedua belah pihak.

    Baca juga: Tips Memiliki Mental Baja Agar Menjadi Pebisnis Sukses

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version