Hobi Membaca Pada Anak Meningkatkan Daya Imajinasi yang Tinggi

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

Ketika seorang anak tumbuh besar, dirinya mulai memilih beberapa hobi yang ia sukai. Ada yang menyukai kegiatan fisik, seperti bermain di luar bersama teman-teman, sepakbola, atau layangan. Tidak menutup kemungkinan juga apabila seorang anak memiliki hobi yang dilakukan di dalam rumah, seperti membaca buku.

Melansir dari Halodoc.com, seorang anak yang memiliki hobi membaca dapat dikatakan memiliki daya imajinasi yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Faktornya, beberapa buku anak, seperti dongeng dan komik mampu meningkatkan daya khayal yang baik untuk sisi kreatifnya.

Imajinasi merupakan daya pikir seseorang untuk membayangkan atau menciptakan suatu gambaran pada pikiran. Pada anak, daya imajinasi sangat baik untuk membuat anak dapat berpikir lebih luas terhadap suatu hal tanpa adanya Batasan. Maka dari itu, keterampilan dan kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah atau membuat sesuatu yang baru dapat lebih berkembang.

Baca juga: SiCepat Jalin Kerja Sama Dengan Taman Baca Inovator

Semakin banyak membaca, pikiran seseorang semakin tercerahkan. Dengan membaca, pengetahuan pun lebih banyak didapatkan sehingga meningkatkan cara pikir dan memperluas wawasan. Saat membaca, imajinasi anak dapat terangsang karena otak sebelah kanan lebih aktif. Hal ini juga dapat meningkatkan konektivitas di otak dan meningkatkan fungsi otak.

Photo by Lina Kivaka from Pexels

Manfaat dari hobi membaca

Meningkatkan daya ingat

Daya ingat semakin tajam apabila anak sering membaca. Hal tersebut dapat terjadi ketika anak berusaha mengingat alur cerita yang ada dalam buku, sehingga tidak mudah melupakannya.

Memperbanyak pembendaharaan kata

Anak juga bisa mendapatkan kosa kata baru dari buku-buku yang ia baca dan mencari tahu apa artinya. Di sini, peran orang tua sangat penting untuk mengajak anak berdiskusi tentang hal yang ada di dalam buku yang telah ia baca.

Sebagai orang tua, penting untuk tidak membatasi daya imajinasi anak agar kreativitasnya terus berkembang. Sebaiknya, jangan mengkonfrontasi semua ide yang dimilikinya, tetap bertanya alasan mengapa hal tersebut dilakukan.

Dari sini, kita semua tahu betapa pentingnya membaca. Ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas tidak hanya didapatkan melalui pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui bacaan dari buku-buku yang mendidik.

Untuk itu, SiCepat Ekspres melalui kegiatan CSR turut berpartisipasi dalam membantu bidang pendidikan di Indonesia dengan berkolaborasi bersama Taman Baca Inovator (TBI). SiCepat dan TBI telah bekerja sama sejak bulan Juni 2021. Pada bulan Agustus lalu, SiCepat Ekspres telah mengirimkan buku-buku yang berasal dari para relawan TBI untuk anak-anak di berbagai daerah, seperti Kalimantan, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Baca juga: Jelajah Nusantara Edisi Sulawesi Selatan Bersama Taman Baca Inovator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...
Exit mobile version