Hobi Movie Marathon? Jangan Lupa Mengistirahatkan Mata

Must Read

Alycia Putri
Currently working as Corporate Communication Staff at SiCepat Ekspres Indonesia. As a junior Content Writer, I still learn a lot about how to convey messages through writing to be easily understood by readers and still find out about writing and various vocabulary so the articles are not monotonous.

Zaman sekarang, menonton film atau seri kesukaan semakin mudah karena kehadiran Netflix, Disney+ Hotstar, VIU, dan sebagainya. Beberapa di antara kamu pasti pernah nonton seharian demi menghabiskan 1 season film seri atau film trilogI.

Dilansir dari Halodoc.com, menurut survey yang dilakukan oleh Netflix, 61 persen penggunaanya menonton 2-6 episode dalam sekali duduk. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine, kebiasaan menonton marathon tidak hanya dapat mengganggu pola tidur, tetapi juga mengganggu kesehatan mata.

Dari survey dan pernyataan di atas, untuk itu kamu perlu mengistirahatkan mata dengan cara-cara di bawah ini!

Mengambil jeda

Kamu bisa menggunakan tombol pause di tengah-tengah menonton. 10-15 menit adalah durasi yang tepat untuk kamu mengistirahatkan mata, entah itu memejamkannya sebentar atau meninggalkan tontonan dan melakukan aktivitas yang lain.

Jangan menonton dalam kegelapan

Menonton di ruangan atau kamar dengan lampu dimatikan memang asyik dan menambah sensasi seru. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala dan mata tegang. Walaupun tidak sampai menimbulkan kerusakan permanen, tetapi tetap saja sebaiknya jangan sering dilakukan. Kamu dapat mengistirahatkan mata dengan cara memejamkannya dan menempelkan irisan timun dingin ke mata.

Baca juga: 5 Bahan Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Terapkan aturan 20-20-20

Gadget seperti ponsel, tablet, dan laptop memancarkan sesuatu yang disebut high energy visible atau blue light yang seiring waktu dapat menimbulkan kerusakan pada retina. Hal tersebut dapat menyebabkan mata menjadi kering, lelah, dan cenderung berkedip lebih sering.

Jangan lupa minum air

Tetaplah terhidrasi agar tubuh tidak kekurangan cairan. Minumlah air bersuhu ruangan dan kurangi minuman bersoda atau beralkohol. Lebih baik lagi, jika kamu menyediakan infused water untuk menemani tontonan kamu.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat membantu mata mendapatkan rehat yang maksimal. Jangan memaksakan mata untuk tetap menonton apabila kamu sudah merasa ngantuk atau sudah larut malam.

Baca juga: Langkah Mudah Atasi Mata Panda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Makan Hemat dengan Tukar Poin GRES di Digiresto

Halo, Sahabat SiCepat! Yuk, tukar poin GRES kamu dengan e-voucher untuk pesan makanan di Digiresto! Kamu akan mendapatkan ektsra...

Aksi Karyawan SiCepat Antar Korban Kecelakaan dengan Mobil Ekspedisi

SiCepat Ekspres melalui Tim HRD memberikan apresiasi dan uang tunai kepada Indra Kurniawan, karyawan yang bekerja sebagai petugas keamanan...

Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Awal Usaha

Permasalahan modal awal kerap kali sering dihadapi oleh setiap orang yang akan pertama kali membuka bisnisnya, terlebih untuk mendapatkan...
Exit mobile version