Wednesday, April 24, 2024
26.7 C
Jakarta
More

    Hobi yang Bisa Menjadi Penghasilan Tambahan

    Setiap orang pasti memiliki hobi. Hobi yang kamu lakukan bisa saja memberikan penghasilan tambahan, bahkan dengan jumlah yang tidak kecil. Jika kamu salah satu orang yang memiliki hobi-hobi seperti di bawah ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan penghasilan tambahan!

    Fotografer

    Photo by Matt Hardy from Pexels

    Jika kamu menyukai bidang fotografi, bahkan memiliki skill yang cukup baik dalam bidang ini, kamu bisa mencoba menjadikannya peluang bisnis. Tidak jarang, orang rela membayar mahal demi mendapatkan hasil foto yang bagus.

    Biasanya fotografer dibutuhkan untuk sesi pemotretan pernikahan, prewedding, acara perusahaan, ulang tahun, dan sebagainya. Selain menyediakan jasa fotografer, kamu juga dapat menjual hasil potretanmu, seperti di shutterstock.com, fotolia.com, dan sebagainya.

    Menulis

    Photo by Judit Peter from Pexels

    Sebagai pecinta tulisan dan cerita atau makna dibalik tulisan tersebut, kamu bisa menjadikan hobi menulis sebagai peluang bisnis. Kamu bisa memulainya dengan menulis blog atau melamar pekerjaan sebagai freelance writer.

    Jika kamu gemar menulis artikel-artikel feature,  kamu bisa memberikan hasil tulisanmu kepada media, seperti majalah, koran, atau portal media online. Selain itu, kalau kamu hobi menulis novel dan puisi, kamu bisa menyalurkannya ke Wattpad. Wattpad adalah aplikasi dimana kamu bisa bebas menulis apapun baik puisi atau novel.

    Makeup Artist

    Photo by Yogendra Singh from Pexels

    Jasa makeup artist  atau MUA juga merupakan profesi yang diawali dari hobi tata rias wajah. Bayaran seorang makeup artist  pun tidak main-main, bisa mencapai jutaan untuk satu orang klien. Menjadi seorang MUA diperlukan keahlian khusus, tidak semua orang bisa melakukannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa wanita rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk menyewa seorang MUA di hari terpentingnya, salah satunya hari pernikahan.

    Merajut

    Photo by Ifrah Akhter on Unsplash

    Hobi merajut kini sedang tren di masyarakat. Merajut menjadi kegiatan popular semenjak pandemi Covid-19 yang membuat kita semua terbatas untuk beraktivitas di luar rumah. Hobi merajut bisa kamu jadikan penghasilan tambahan yang menggiurkan.

    Menjadi seorang pengrajut dibutuhkan ketelatenan, ketelitian, dan latihan yang tekun. Dari merajut, kamu bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan, seperti taplak meja, baju, pakaian bayi, sepatu bayi, boneka, dan lain-lain.

    Bermain alat musik

    Photo by Gabriel Yuji on Unsplash

    Kalian bisa memperoleh penghasilan tambahan dari hobi ini. Bermain alat musik, seperti gitar, drum, bass, dan lainnya dapat menjadikan kamu seorang entertainer. Kamu dapat tampil di panggung musik, mungkin bisa dimulai dari pensi dan kafe. Tidak selalu naik ke panggung, kamu juga bisa memulainya dengan membuat cover lagu dan diunggah ke YouTube. Semakin banyak views dari video yang kamu unggah, maka semakin banyak pula uang yang akan didapatkan.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version