Saturday, April 20, 2024
31.7 C
Jakarta
More

    Italia Lolos ke Final EURO 2020

    Gli Azzuri Italia lolos ke final Euro 2020 setelah sukses mengalahkan Spanyol pada laga semifinal yang belangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

    Laga Italia vs Spanyol pada semifinal Euro 2020 itu harus melewati babak lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu atau extra time usai.

    Babak Pertama

    Laga sudah berlangsung menarik sejak awal babak pertama. Italia mendapat peluang pertama ketika aksi Nicolo Barella membentur tiang gawang. Barella sendiri ternyata sudah berdiri dalam posisi offside.

    Setelah Italia memberi kejutan di awal laga, Spanyol mulai mengambil penguasaan bola. Pada 25 menit pertama, total penguasaan bola mereka mencapai 65 persen.

    Menuju akhir babak pertama, Emerson hampir saja membawa Italia unggul namun usahanya membentur tiang gawang.

    Babak pertama pun berakhir imbang dengan skor 0-0.

    Babak Kedua

    Kembali dari kamar ganti, Spanyol kembali memegang kendali permainan. Sergio Busquets memperoleh peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-52, sayang tembakannya masih melambung tipis di atas gawang Donnarumma.

    Italia akhirnya sukses memecah kebuntuan lewat aksi brilian Chiesa pada menit ke-60 setelah Chiesa melakukan tendangan melengkung ke sisi kanan gawang Spanyol.

    Spanyol baru bisa menyamakan kedudukan di menit 81′ setelah Dani Olmo sukses memberikan umpan terobosan kepada Alvaro Morata yang langsung menendang bola kesisi kanan bawah gawang Italia.

    Skor imbang 1-1 pun memaksa pertandingan harus memasuki babak extra time.

    Extra Time

    Pada babak tambahan waktu pertama, Spanyol tampil sangat dominan. Mereka menguasai bola dan tercatat melancarkan tiga tembakan dengan dua shots on target.

    Sementara itu, Italia yang terkepung dominasi Spanyol tak melancarkam satu pun tembakan. Mereka cenderung bertahan untuk mencegah kecolongan gol pada saat-saat krusial.

    Domenico Berardi sempat mencetak gol pada menit ke-110. Namun, gol ini dianulir karena penyerang sayap Sassuolo itu sudah lebih dulu berdiri dalam posisi offside.

    Skor 1-1 tetap bertahan hingga masa extra time berakhir. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti. Di sinilah Italia menjadi tim yang lebih beruntung.

    Italia pun melaju ke babak final EURO 2020 dan menunggu hasil pertandingan antara Inggris melawan Denmark yang akan berlangsung pada 8 Juli 2021.

    Susunan Pemain

    Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson (Rafael Toloi 74′); Nicolo Barella (Manuel Locatelli 85′), Jorginho, Marco Verratti (Matteo Pessina 74′); Federico Chiesa (Federico Bernardeschi107′), Ciro Immobile (Domenico Berardi 61′), Lorenzo Insigne (Andrea Belotti 85′).

    Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Marcos Llorente 85′), Eric Garcia (Pau Torres 109′), Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke (Rodri 70′), Sergio Busquets (Thiago Alcantara 106′), Pedri; Ferran Torres (Alvaro Morata 62′), Mikel Oyarzabal (Gerard Moreno 70′), Dani Olmo.

    Baca juga Swiss Pastikan Turki Pulang Kampung

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version