Friday, March 29, 2024
26.3 C
Jakarta
More

    Kenali Fakta Chiropractic yang Sedang Viral

    Belakangan ini sedang viral di media sosial TikTok mengenai ahli pijit chiropactic yang bisa mengatasi sakit tulang belakang. Tapi tahukah kamu soal chiropactic itu?

    Chiropractor atau ahli chiropractic merupakan ahli medis terlatih untuk mengobati gangguan pada tulang, saraf, otot, dan ligamen. Namun demikian, seorang chiropractor lebih dikenal akan kemampuannya untuk mengobati sakit leher dan punggung serta terbiasa mengatasi kondisi tulang dan jaringan lunak.

    Mempelajari Chiropractic

    Walaupun lulus dengan gelar chiropractic, namun seorang chiropractor bukanlah dokter medis. Mereka mendapatkan gelar sarjana dengan mengambil mata kuliah sains seperti kimia, biologi, fisika, dan psikologi lalu melanjutkan program chiropractic selama 4 tahun yang meliputi kelas dan praktik langsung.

    Untuk beberapa chiropractor, mereka memilih mengkhususkan diri pada bidang tertentu sehingga melakukan residensi tambahan yang berlangsung sekitar 2-3 tahun. Terdapat lebih dari 100 metode chiropactic yang berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing.

    Baca juga: 5 Minuman Sehat Untuk Mengawali Hari Sebelum Berangkat Kerja

    Photo by Ryan Snaadt on Unsplash

    Pengobatan Chiropractic

    Kamu bisa mengkonsultasikan masalah kesehatan tulang dengan seorang Chiropractor yang meliputi:

    • Otot
    • Tendon
    • Ligamen
    • Tulang
    • Tulang Rawan
    • Sistem Saraf

    Selama proses terapi, chiropractor akan melakukan metode manipulasi dengan menggunakan tangan mereka sendiri atau peralatan kecil. Manipulasi tersebut berguna untuk mengatasi berbagai ketidaknyamanan seperti:

    • Sakit leher
    • Sakit punggung
    • Nyeri panggul
    • Nyeri lengan dan bahu
    • Nyeri kaki dan pinggul

    Selain mengatasi sakit tulang yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa, chiropractor juga bisa mengatasi sakit sembelit, refluks asam, hingga kolik pada bayi. Bahkan wanita hamil juga bisa mendapat manfaat dari terapi chiropractic menjelang waktu melahirkan. Chiropractor yang memiliki spesialisasi dalam teknik Webster bisa membantu bayi untuk bisa dalam keadaan normal (kepala di bawah) untuk persalinan normal.

    Apakah Terapi Chiropractic?

    Sama halnya dengan terapi lain, terapi chiropractic juga memiliki risiko berupa efek samping yang mungkin dirasakan setelah sesi terapi, seperti ketidaknyamanan pada area yang dirawat, kelelahan, dan sakit kepala. Untuk kasus yang jarang terjadi, pasien mungkin mengalami komprensi saraf hingga stroke yang merupakan komplikasi langka namun serius yang bisa terjadi setelah manipulasi leher.

    World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk orang-orang dengan kriteria sebagai berikut untuk tidak melakukan terapi chiropractic:

    1. Penyakit tulang dan infeksi
    2. Patah tulang
    3. Sendi yang meradang
    4. Beberapa masalah sirkulasi
    5. Infeksi pada sistem saraf

    Baca juga: Rutin Bangun Pagi Bikin Mood Semakin Bahagia

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version