Friday, March 29, 2024
31.9 C
Jakarta
More

    Lebih Cermat Memilih Obat Agar Terhindar Dari Mafia Obat

    Di tengah kondisi pandemi yang sedang melonjak, banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi pandemi ini ntuk mengambil keuntungan dalam kesempitan. Salah satu yang dilakukan adalah menjual mahal obat-obatan. Mereka yang berbuat tindakan seperti itu dapat dikatakan sebagai mafia obat. 

    Akibatnya beberapa masyarakat menjadi kesulitan dalam mencari obat, baik yang sedang sakit COVID-19 maupun penyakit lain. Bahkan mafia obat bukan hanya dilakukan orang-orang yang menimbun obat-obatan kemudian dijual dengan harga mahal, tetapi ada pula yang menjual dengan harga yang lebih murah di pasaran namun obatnya palsu. 

    Untuk kamu yang sedang mencari obat, kini Kementerian Kesehatan RI sudah meluncurkan website resmi untuk cek persediaan obat di apotek terdekat dari tempat tinggal kamu. Caranya mudah, kamu tinggal kunjungi laman https://farmaplus.kemkes.go.id/ dan pilih lokasi tempat tinggal kamu, nanti akan ada daftar apotek untuk cek obat apa saja yang tersedia. 

    Obat-obatan ini akan di-update berkala di seluruh apotek setiap hari, pukul 09.00 WIB. Mari lebih cermat lagi dalam mencari informasi seputar COVID-19 dan obat-obatan agar tidak tertipu hoaks dan mafia obat! 

    Layanan Telemedisin juga memberikan obat dan vitamin secara gratis bagi kamu para pasien positif Covid-19. Layanan ini diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan SiCepat Ekspres dan Kimia Farma khusus bagi warga DKI Jakarta dan Jawa Barat.

    Para pasien Covid-19 di wilayah Jakarta yang sedang melakukan isolasi mandiri dan membutuhkan asupan obat serta vitamin pendukung dapat melakukan request obat-obatan melalui 11 platform telemedisin yakni di antaranya Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

    Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker dengan benar⁣⁣, menjaga kebersihan tangan⁣⁣, menjaga jarak⁣⁣, mengurangi mobilitas⁣⁣, menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup⁣⁣⁣, menjauhi kerumunan⁣), dan konsumsi makanan bernutrisi untuk lindungi diri dari virus Covid-19!

    Kamu juga dapat berpartisipasi dalam Gerakan #Indonesiapastibisa untuk membantu para nakes, pasien COVID-19, dan mereka yang terdampak pandemi. Bantuan dapat diberikan berupa makanan, minuman, obat-obatan atau vitamin, dan alat-alat kesehatan, serta medis.

    Baca juga Cara Mendapatkan Obat dan Vitamin Gratis

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version