Tuesday, April 16, 2024
30.1 C
Jakarta
More

    Mengenal Aplikasi PeduliLindungi

    Vaksinasi Covid-19 di Indonesia semakin digalakkan. Berbagai pihak pemerintahan maupun swasta membantu masyarakat Indonesia agar segera mendapatkan vaksin. Salah satu bukti bahwa seseorang telah divaksin adalah melaui sertifikat yang bisa didapatkan melalui aplikasi PeduliLindungi.

    Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini memerlukan peran masyarakat dalam memberikan datanya ketika berpergian.

    Pemerintah memerlukan riwayat kontak seseorang dan apakah orang tersebut mungkin baru saja melakukan kontak dengan pasien Covid-19 atau tidak. Dalam aplikasi ini, kamu akan dimintai lokasi keberadaanmu dengan sistem GPS.

    Jika kamu sudah terdata, maka kamu dapat dengan mudah mengetahui lokasi kamu saat ini berada memiliki kerumunan atau tidak, serta terdapat berapa banyak penderita Covid-19 di sekitarnya. Kini, berbagai tempat umum sudah mulai dibuka kembali, seperti mall, supermarket, dan tempat wisata. Untuk masuk ke tempat umum tersebut, kamu memerlukan aplikasi ini untuk check in, menunjukkan sertifikat vaksin, kemudian check out.

    Dalam sertifikat vaksin ada QR code yang dapat dipindai untuk menunjukkan datamu. Untuk memudahkan dan mempercepat proses pendataan, setiap lokasi keramaian telah dilengkapi alat pemindai QR code, sehingga kamu hanya perlu memiliki aplikasi PeduliLindungi saja dan melakukan pindai langsung dari sertifikatmu di dalam aplikasi.

    Buat kamu yang belum mendapatkan vaksinasi, kamu juga bisa mendaftar melalui aplikasi PeduliLindungi, caranya, cukup dengan memasukkan nama dan NIK. Ada pula layanan Teledokter untuk konsultasi dengan dokter jika kamu mengalami gejala Covid-19. Jika ada info penting dari Pemerintah terkait Covid-19 atau hal khusus untuk kamu, aplikasi PeduliLindungi akan memberi kabar melalui layanan “Info Penting”.

    Jika kamu melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum, seperti pesawat atau kereta, terdapat “Diari Perjalanan” yang merekam jejak perjalanan kamu. Inilah yang akan digunakan sebagai data tracing jika kamu atau orang yang berkontak denganmu sebelumnya terpapar Covid-19.

    Cara mengakses aplikasi PeduliLindungi

    1. Download aplikasi PeduliLindungi melalui Play Store atau App Store;
    2. Buka aplikasi setelah sukses terunduh;
    3. Kamu akan diminta memasukkan email, kemudian nomor telepon;
    4. Selanjutnya aplikasi akan mengirimkan kode OTP melalui nomor telepon aktif, dan kamu perlu memasukkannya ke kolom yang disediakan;
    5. Jika sudah, maka aplikasi akan meminta persetujuan untuk melacak lokasi GPS-mu dan menghubungkannya dengan aplikasi Pedulilindungi;
    6. Jika selesai, kamu akan melihat halaman “Home” pada aplikasi dengan pilihan layanan yang kamu perlukan; dan
    7. Kamu tinggal memilih layanan yang akan digunakan.

    Isu aplikasi PeduliLindungi bermasalah

    Baru-baru ini, terdengar berita dan keluhan masyarakat yang berkaitan dengan aplikasi PeduliLindungi. Kabarnya, beberapa pengguna melaporkan bahwa aplikasi ini tidak bisa dibuka, menghabiskan membuat baterai smartphone cepat habis, sering membutuhkan software update, dan ter-log out dengan sendirinya. Ada pula yang melaporkan, munvul tulisan aplikasi ini tidak ada koneksi internet, meski pengguna sedang menggunakan internet.

    Sebagai aplikasi yang baru dikembangkan saat pandemic berlangsung, hal tersebut wajar terjadi karena aplikasi ini masih dalan tahap pengembangan. Pengembangan terus dilakukan agar masyarakat yang menggunakannya kelak di kemudian hari menjadi lebih mudah dan lancar.

    Terlalu banyak pengguna yang mengakses secara bersamaan juga merupakan salah satu faktor penyebab aplikasi ini bermasalah. Untuk masalah ini kamu bisa menunggu hingga server kembali normal. Selain itu, bisa juga aplikasi ini terkena bug. Sehingga kamu perlu melakukan reset data aplikasi.

    Masalah yang muncul juga bisa berasal dari operator. Operator yang mengalami masalah akan tampak aktif tapi tidak terhubung dengan internet pada ponselmu. Akibatnya, aplikasi PeduliLindungi tidak dapat diakses. Masalah yang dihadapi juga dapat muncul apabila kamu belum mengaktifkan bluetooth karena aplikasi ini memerlukan pengaktifan bluetooth dan internet secara bersamaan.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version