Mengenal Aquaplaning dan Cara Mengatasinya

Musim hujan sudah kembali mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Lebatnya deras hujan yang turun membuat pengendera harus lebih memerhatikan kondisi kendaraanya. Permukaan jalan yang licin bisa membahayakan para pengguna jalan sehingga kendaraan rentan mengalami aquaplaning.

Aquaplaning merupakan kondisi saat ban mobil kehilangan cengkraman saat melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Dengan kata lain, saat mobil melakukan rem tidak tersentuh dengan aspal melainkan menempel pada permukaan air.

Baca juga: Musim Hujan? Jangan Lupa Cek Bagian Mobil Ini

Menurut berbagai sumber, faktor terbesar yang menyebabkan aquaplaning adalah ban kurang tekanan udara dan penempatan ban keliru. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah aquaplaning, yaitu:

  1. Memilih Ban yang Tepat
Photo by Obi Onyeador on Unsplash

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih jenis ban dengan pattern dan compound yang tepat. Pada saat musim hujan, lebih diutamakan untuk memilih ban dengan desain asimetris karena ban jenis ini menggabungkan dua fungsi yaitu ban jalan kering dan ban jalan basah.

Ciri lain dari ban yang biasa digunakan pada musim hujan adalah memiliki alur tapak ban yang lebih banyak agar bisa memecah genangan air.

Mengenai jenis compound ban, lebih disarankan untuk memilih ban yang mengandung aqua compound. Pada jenis ban dengan aqua compound, biasanya memiliki desain celah alur lebar agar bisa efisien memecah genangan air serta mencegah aquaplaning saat hujan.

2. Rutin Melakukan Pemeriksaan Ban

Rawat ban kamu secara rutin sebelum digunakan agar selalu dalam kondisi baik dan bisa mencegah masalah seperti aquaplaning. Cek dengan berkala mengenai tapak ban. Bila sudah terasa aus, botak sebelah, adanya benjolan atau retakan disarankan untuk mengganti ban baru.

3. Cara Menghadapi Aquaplaning

Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas tetapi tetap akan melewati jalan yang berpotensi aquaplaning maka hal yang bisa kamu lakukan adalah menurunkan laju kendaraan. Selain itu, kamu bisa menggunakan teknik engine brake untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Baca juga: Lindungi Mobil Saat Musim Hujan Dengan Coating Body Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Makan Hemat dengan Tukar Poin GRES di Digiresto

Halo, Sahabat SiCepat! Yuk, tukar poin GRES kamu dengan e-voucher untuk pesan makanan di Digiresto! Kamu akan mendapatkan ektsra...

Aksi Karyawan SiCepat Antar Korban Kecelakaan dengan Mobil Ekspedisi

SiCepat Ekspres melalui Tim HRD memberikan apresiasi dan uang tunai kepada Indra Kurniawan, karyawan yang bekerja sebagai petugas keamanan...

Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Awal Usaha

Permasalahan modal awal kerap kali sering dihadapi oleh setiap orang yang akan pertama kali membuka bisnisnya, terlebih untuk mendapatkan...
Exit mobile version