Thursday, March 28, 2024
33.2 C
Jakarta
More

    Mengenal Istilah Critical Eleven

    Critical eleven adalah waktu yang sangat krusial atau penting dalam penerbangan. Disebut sebagai waktu terpenting karena pilot yang bertugas harus melakukan komunikasi secara intensif dengan Air Traffic Controller (ATC) untuk mengendalikan pesawat sesuai dengan standar operasi yang berlaku. 

    Critical eleven memiliki rentang waktu tiga menit pertama dan delapan menit terakhir. Maksudnya adalah, tiga menit pertama digunakan untuk mencari posisi stabil dan mengontrol kecepatan ketika pesawat mulai mengudara. Sementara itu, delapan menit terakhir digunakan untuk menurunkan kecepatan dan menyesuaikan dengan landasan. Selama waktu critical eleven ini, awak kabin dilarang berkomunikasi dengan kokpit kecuali ada hal darurat, serta awak kokpit harus menahan diri dari aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan kontrol pesawat. 

    Photo by Nata Romualdo (Pexels.com)

    Dalam menghadapi critical eleven, awak kabin biasanya akan memberikan arahan untuk para penumpang agar mematikan ponsel, menutup meja, menegakkan sandaran kursi, membuka tirai jendela, dan menggunakan sabuk pengaman. Aturan-aturan tersebut diberikan untuk memudahkan jalannya evakuasi apabila kondisi bahaya terjadi. Penumpang juga disarankan untuk tidak tidur agar bisa fokus pada arahan awak kabin dan selalu waspada terhadap kondisi pesawat. 

    Perlu diperhatikan, pada saat emergency landing, penumpang hanya diberikan waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri dari pesawat. Jika penumpang tidak segera keluar dari pesawat, maka penumpang akan kekurangan oksigen, tenggelam saat water landing, bahkan meninggal akibat terlalu banyak menghirup asap (smoke inhalation).  

    Baca juga tips bepergian dan berkendara aman bersama anak.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version