Friday, April 19, 2024
26.1 C
Jakarta
More

    Mobil Baret? Ini Tips Mudah Menghilangkannya

    Kecelakaan menjadi hal yang mungkin saja bisa dialami oleh semua orang. Terlebih kecelakaan ringan yang sangat mungkin terjadi seperti menyerempet atau terserempet hingga membuat bodi kendaraan mengalami goresan. Kesalahan saat parkir juga bisa menyebabkan bodi mobil tergores tembok atau kendaraan lain yang ada di sebelahnya. Goresan yang timbul dari kecelakaan ringan ini tentunya akan mengganggu penampilan kendaraan bukan?

    Jika terjadi senggolan sudah tentu bodi mobil akan lecet dan sulit dihilangkan. Untuk menghilangkan goresan akibat gesekan ini tentu mbutuhkan kocek yang tidak sedikit jika kamu membawanya ke bengkel. Eits, tapi ternyata ada tips dan trik khusus lho yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki bodi mobil yang tergores tanpa membawanya ke bengkel. Yuk simak!

    Mengukur kedalaman goresan

    Bodi mobil umumnya memiliki 4 lapisan yakni lapisan bening, warna, primer, dan baja. Jika goresan hanya sedalam lapisan cat bening atau warna, maka goresan tersebut lebih mudah untuk dihilangkan. Goresan ini biasanya terjadi karena mobil terkena kerikil atau tidak sengaja tergores kuku panjang. Namun, jika goresan di bodi mobil menimbulkan warna yang berbeda, goresan tersebut terkategori parah dan sulit diatasi dan kamu harus membawanya ke bengkel reparasi.

    Menggunakan pasta gigi

    Pasta gigi bisa dijadikan alat sederhana yang kamu butuhkan untuk memperbaiki goresan di bodi mobil. Cukup sediakan kain lembut dan pasta gigi saja, kamu bisa membereskan bodi mobilmu menjadi seperti baru lho! Pastikan dulu permukaan mobil yang tergores sudah benar-benar bersih, kemudian basahkan kain dan tambahkan setetes pasta gigi. Langkah selanjutnya, gosok dengan gerakan melingkar ke bagian mobil yang terkena goresan. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika goresan tidak terlalu dalam ya!

    Gunakan kompon

    Banyak orang memperbaiki goresan di bodi mobil menggunakan kompon. Kompon dianggap sangat efektif untuk bisa mengembalikan bodi mobil menjadi seperti semula setelah tergores. Yang perlu kamu siapkan hanyalah kain lebut, sandpaper 1500 grit atau 2000 grit, dan juga kompon poles. Caranya, bersihkan dulu permukaan bodi yang tergores. Lalu, oleskan dengan kompon di area tersebut. Selanjutnya, ambil sandpaper dan basahi dengan air lalu gosok secara satu arah. Cara ini bisa membantu mengembalikan bodi mobil yang tergores menjadi rata kembali.  Namun, jika hasilnya kurang memuaskan, kamu harus membawa mobilmu ke bengkel reparasi agar goresan hilang dengan sempurna ya!

    Baca juga Tips Hemat Bahan Bakar untuk Motor

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version