Thursday, March 28, 2024
26.3 C
Jakarta
More

    Obat Gratis Bagi Pasien Covid-19 Melalui Telemedisin

    Layanan Telemedisin merupakan layanan yang memberikan obat dan vitamin secara gratis bagi kamu para pasien positif Covid-19. Layanan ini diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan SiCepat Ekspres dan Kimia Farma khusus bagi warga DKI Jakarta dan Jawa Barat.

    Para pasien Covid-19 di wilayah Jakarta yang sedang melakukan isolasi mandiri dan membutuhkan asupan obat serta vitamin pendukung dapat melakukan request obat-obatan melalui 11 platform telemedisin yakni di antaranya Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

    Sedangkan untuk pasien Covid-19 di wilayah Jawa Barat dapat memanfaatkan aplikasi Pikobar untuk mengakses layanan konsultasi kesehatan serta mendapatkan obat gratis.

    Dalam hal ini, SiCepat Ekspres berkolaborasi bersama dengan Kementerian Kesehatan, Pemprov DKI Jakarta, dan Pemprov Jawa Barat untuk mendistribusikan kebutuhan obat dan vitamin tersebut kepada para pasien Covid-19 di Jakarta dan Jawa Barat.

    Beberapa obat yang didistribusikan secara gratis diantaranya adalah Azitromicin 500mg, Oseltamivir 75gr, Paracetamol tab 500mg, serta Multivitamin C, D, E, dan Zinc-.

    Untuk menggunakan layanan Telemedisin ini, yuk simak langkah-langkah berikut!

    1. Pasien melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis
    2. Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk area DKI Jakarta.
    3. Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedisin* secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukan kode voucher di aplikasi yang dipilih.
    4. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.
    5. Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis
    6. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma
    7. Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.
    8. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan
    9. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman SiCepat Ekspres dari untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

    Dan berikut ini daftar kontak WhatsApp Kimia Farma yang bisa kamu hubungi untuk keperluan menebus obat dan vitamin yang dibutuhkan:

    Sedangkan untuk kamu yang berdomisili di Jawa Barat, download aplikasi Pikobar dan simak tata caranya dalam laman resmi https://pikobar.jabarprov.go.id/

    Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M (memakai masker dengan benar⁣⁣, menjaga kebersihan tangan⁣⁣, menjaga jarak⁣⁣, mengurangi mobilitas⁣⁣, menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup⁣⁣⁣, menjauhi kerumunan⁣), dan konsumsi makanan bernutrisi untuk lindungi diri dari virus Covid-19!

    Kamu juga dapat berpartisipasi dalam Gerakan #Indonesiapastibisa untuk membantu para nakes, pasien COVID-19, dan mereka yang terdampak pandemi. Bantuan dapat diberikan berupa makanan, minuman, obat-obatan atau vitamin, dan alat-alat kesehatan, serta medis.

    Baca juga TFAS Dukung Pemerintah Distribusi Obat Untuk Covid-19

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version