Friday, April 19, 2024
30.1 C
Jakarta
More

    Olahraga yang Cocok Untuk Bulan Puasa

    Olahraga merupakan kegiatan penting yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terlebih lagi, sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020, menjaga kualitas imun merupakan hal yang terutama, salah satunya dengan berolahraga. 

    Selain mengonsumsi vitamin dan diet yang seimbang, setidaknya kamu meluangkan waktu selama 30 menit untuk berolahraga. Kini, memasuki bulan puasa ada ketentuan waktu dan jenis olahraga yang boleh dilakukan agar kamu tidak dehidrasi. Sebaiknya, kamu berolahraga di waktu menjelang buka puasa atau kamu bisa menjadikannya sebagai kegiatan ngabuburit

    Jalan kaki atau jogging 

    Photo by Karolina Grabowska (Pexels.com)

    Baik jalan kaki ataupun jogging, sama-sama memiliki manfaat, seperti menjaga kesehatan jantung, paru-paru, memperkuat tulang, meningkatkan kekuatan otot, dan mengurangi lemak tubuh. Buat kamu yang tinggal di perumahan dan dekat dengan lapangan atau stadion olahraga, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai area untuk jalan sore atau jogging menjelang buka puasa. 

    Bersepeda 

    Photo by Sayan Nath (Unsplash.com)

    Semenjak pandemi COVID-19, sepeda menjadi tren yang kembali digemari masyarakat. Beberapa komunitas sepeda juga terbentuk dan semakin menjamur. Buat kamu yang belum mencoba bersepeda, kamu bisa memulainya sebagai olahraga selama bulan puasa ini. Bersepeda selama 30 menit memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres. Selagi membawa sepeda, selesai olahraga kamu bisa berkeliling mencari takjil! 

    Yoga 

    Photo by kike vega (Unsplash.com)

    Jenis olahraga ini memiliki beberapa tahap dan tingkat kesulitan. Jika kamu sebagai pemula, sebaiknya ajak temanmu yang sudah berpengalaman dalam olahraga ini untuk mencegah terjadinya cidera. Dengan melakukan yoga kamu akan merasa lebih tenang karena yoga dapat meredakan cemas dan stres. 

    Sit up dan push up 

    Photo by Elly Fairytale (Pexels.com)

    Sit up dan push up adalah olahraga yang memiliki intensitas rendah. Kamu dapat melakukannya dengan menyesuaikan energi yang kamu miliki. Sit up memiliki manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membentuk otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh. Sementara, push up bisa membantu menjaga stabilitas tubuh, memperbesar massa otot, dan menguatkan otot perut. Selagi kamu berpuasa, sesuaikan kekuatan dan kemampuanmu untuk melakukan kegiatan apapun agar kamu tidak lelah dan dehidrasi. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version