Friday, April 19, 2024
30.8 C
Jakarta
More

    One Day With dr. Henry: Tantang Kaum Muda Untuk Pull Up

    Dr. Henry Suhendra adalah sosok pria yang dikenal dengan kesehatan jasmaninya, meskipun sudah memasuki usia yang tidak lagi muda. Berprofesi sebagai dokter orthopedi, dr. Henry memiliki moto hidup “Life is movement, movement is life”.

    Menurutnya garis besar olahraga dibagi menjadi dua, yakni aerobik dan anaerobik. Aerobik disebut cardio, latihan lari, sepeda, berenang melatih jantung dan latihana beban atau latihan otot. “Setelah umur 40 tahun, setiap tahun otot akan habis 1 persen. Pola latihan olahraga harus dibagi, tidak bisa semuanya, seluruh badan walaupun latihan sekali akan membuat kecapekan,” tutur dr. Henry.

    Dalam episode One Day With kali ini, Anastasia Praditha berkunjung ke rumah dr. Henry. Pria kelahiran Surabaya tahun 1977 itu akan menunjukkan gerakan pull, baik vertical pull dan horizontal pull. Gerakan vertikal, ditarik dari atas ke bawah, sementara gerakan horizontal dari depan ke belakang.

    Setelah menunjukkan kemampuannya dalam berolahraga, dr. Henry juga membahas vitamin D yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat di tengah pandemi ini. “Sudah banyak penelitian, kalau hanya dari sinar matahari saja tidak cukup. Gunakan suplemen D3 dengan dosis awal antara 5000 sampai dengan 10.000 IU. Banyak penelitian vitamin D menyatakan dapat mengurangi angka kesakitan Covid dan juga mengurangi angka kematian Covid-19,” jelas dr. Henry.

    Di tengah kondisi pandemi, dr. Henry menjelaskan bahwa kita harus menjaga kesehatan dengan pola makan dan pola tidur yang teratur. Jumlah kalori yang masuk ke tubuh perlu dijaga, serta konsumsi makanan yang kaya akan protein. Tidak kalah penting, olahraga juga menjadi peran yang sangat penting dalam menjaga kebugaran tubuh.

    “Patokan yang bagus itu adalah 2 gram protein per kilogram berat badan. Olahraga beban akan menjaga kepadatan tulang. Tetap jaga prokes, dan kalau mau sehat, tidur 7-8 jam untuk membantu produksi hormone-hormon positif untuk tubuh,” pesan dr. Henry kepada Sahabat SiCepat yang menyaksikan program YouTube SiCepat One Day With.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version