Friday, March 29, 2024
33 C
Jakarta
More

    Pentingnya Berkumur Untuk Kurangi Infeksi Akibat Virus

    Tahu kah kamu, selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi? Berkumur adalah hal yang mudah dilakukan, namun tidak sedikit orang malas melakukannya.

    Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berkumur. Kamu bisa terbebas dari bau mulut, mengurangi plak, dan dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan gusi dan gigi.

    Di masa pandemi Covid-19, selain memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan lainnya, kita juga perlu melakukan beberapa kebiasaan yang dapat meminimalkan risiko infeksi Covid-19, salah satunya dengan berkumur. Melansir dari Halodoc.com, virus Covid-19 terbukti dapat bersarang di tenggorokan selama berminggu-minggu dan bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

    Baca juga: Pengaruh Covid-19 Terhadap Kesehatan Mulut dan Gigi

    Photo by iStock Photo

    Alasan mengapa kita perlu berkumur

    Makanan yang dikonsumsi dapat meninggalkan sisa yang menempel pada gigi ataupun terselip pada sela-sela gigi dan gusi. Jika dibiarkan terlalu lama, sisa makanan tersebut akan menjadi plak dan membusuk. Proses pembusukan ini yang dapat memicu perkembangan bakteri dalam mulut. Masalah kesehatan pun akan muncul, seperti bau mulut, penumpukan plak, gusi meradang, gigi berlubang, dan masalah gigi dan mulut lainnya.

    Bagi kamu yang sudah mulai aktif beraktivitas di luar rumah, masker tentunya menjadi salah satu alat pelindung diri pertama yang melindungi kamu dari infeksi virus saat ini.  Namun, kemampuan masker menahan masuknya virus ke dalam mulut tidak mencapai 100 persen. Virus-virus lain mungkin saja masuk ke dalam tubuh kamu melalui rongga mulut. Untuk mencegah akumulasi virus berlebih di dalam rongga mulut, sebaiknya kamu berkumur setiap hari dengan obat kumur yang memiliki sifat antiseptik.

    Satu kali aktivitas berkumur biasanya hanya mampu melindungi gigi dan mulut selama 12 jam. Maka dari itu, kamu perlu berkumur setidaknya dua kali dalam sehari menggunakan obat kumur.

    Baca juga: Mencuci Tangan Dengan Sabun Efektif Membunuh Virus

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version