Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    Semakin Canggih, iPhone 14 Dibekali Fitur Crash Detection untuk Mendeteksi Tabrakan

    Apple yang baru saja meluncurkan iPhone 14 series, ternyata menyimpan fitur tersendiri bagi para pengguna mobil, khususnya dalam hal keselamatan. Fitur yang mampu mendeteksi kecelakaan ini bernama Crash Detection.

    Kehadirannya didukung oleh akselerometer dual-core terbaru yang bisa mendeteksi G-force akselerasi atau deselerasi sampai 256G.

    Apple mengklaim fitur Crash Detection ini bisa membantu menyelamatkan nyawa penggunanya saat terjadi kecelakaan atau situasi darurat lain.

    Dengan fitur Crash Detection, ketika pengguna mengalami kecelakaan mobil yang parah, Apple Watch Series 8 dan iPhone 14 akan mendeteksi dampaknya. Kemudian setelah 10 detik, perangkat Apple itu akan memberitahu kontak darurat dan mengirimkan lokasi pengguna secara otomatis.

    Apple Watch Series 8 dan jajaran iPhone 14 terbaru mampu mendeteksi dampak tabrakan mobil. Setelah 10 detik, fitur tersebut akan secara otomatis memberitahu kontak darurat pengguna dan memberi mereka lokasi saat ini untuk kemudian dilakukan pertolongan. Perlu dicatat bahwa fungsi ini hanya berfungsi saat pengguna sedang mengemudi.

    Baca juga: Apple Resmi Rilis iPhone 14 Series, Simak Spesifikasi Fitur Terbaru dan Harganya!

    Tampilan fitur Crash Detection di  iPhone 14 series. (Sumber: Macrumors)

    Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana fitur Crash Detection bekerja, baik Watch Series 8 dan jajaran iPhone 14 dilengkapi dengan dua sensor gerak baru yakni sensor giroskop 3-sumbu yang ditingkatkan dan sensor high G-Force.

    Selain sensor gerak, Crash Detection juga barometer, GPS, dan mikrofon pada iPhone dipasangkan untuk mendeteksi apakah telah terjadi kecelakaan parah. Semua ini memungkinkan untuk mendeteksi momen benturan yang tepat.

    Karena hanya akan bekerja saat pengguna terdeteksi sedang mengemudi atau duduk sebagai penumpang di dalam kendaraan, fitur ini akan menjalankan dan memproses data hanya saat mengemudi dan sekitar waktu kemungkinan kecelakaan.

    Dikutip dari situs resmi Apple, fitur Crash Detection tersedia di Apple Watch Series 8, Apple Watch Ultra, Apple Watch SE generasi baru dan semua model iPhone 14, meliputi iPhone 14 “reguler, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro serta iPhone 14 Pro Max. Fitur ini bisa dijalankan pengguna untuk mendeteksi tabrakan di mobil, SUV serta truk pickup.

    Baca juga: Menilik Fitur Dynamic Island Si ‘Poni’ Baru yang Lincah di iPhone 14, Apa Fungsinya?

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here