Friday, March 29, 2024
26.9 C
Jakarta
More

    Tanda-tanda Toxic Productivity

    Tahukah kamu, produktif secara berlebihan justru akan menjadi hal yang negatif? Menjadi seorang yang produktif adalah hal yang positif. Kamu bisa mengembangkan kemampuan, serta menambah wawasan. Namun, jika berlebihan malah akan menjadi hal yang negatif.

    Melansir dari kanal YouTube Psikolog Dr. Julie Smith, toxic productivity adalah sebuah obsesi untuk mengembangkan diri dan selalu merasa berjalah jika tidak bisa melakukan banyak hal. Produktivitas dapat menjadi buruk apabila muncul perasaan bersalah jika kita rehat sejenak dari kesibukan tersebut.

    Photo by Dr. Julie Smith (YouTube)

    Rasa bersalah juga dirasakan ketika kita bersantai atau sekeadar melakukan hobi. Kita mulai menganggap hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak produktif. Berikut tanda-tanda toxic productivity!

    Bekerja berlebihan

    Secara tidak sadar, hal ini dapat membahayakan kesehatan dan mengganggu hubungan sosial dengan orang lain. Dengan bekerja berlebihan, tidak menutup kemungkinan kamu akan mengesampingkan kebutuhan dasar, seperti makan, minum, dan istirahat sehingga keluhan fisik dapat dirasakan. Orang di sekitarmu juga dapat merasa terabaikan jika kamu terlalu sibuk.

    Baca juga: Hati-hati, Ini Dia 5 Tanda Kamu Bekerja di Perusahaan Toxic!

    Ekspektasi yang mulai tidak realistis bagi diri sendiri

    Kamu menuntut diri sendiri untuk selalu produktif. Target yang kamu tentukan juga mulai terlalu tinggi dan mustahil untuk didapat. Hal ini akan sangat melelahkan dan membebani diri sendiri.

    Tidak dapat berdiam diri dan beristirahat

    Muncul perasaan bersalah apabila kamu memutuskan untuk tidak produktif. Kamu juga akan merasa gelisah dan hampa jika tidak mengerjakan pekerjaanmu.

    Photo by Tara Winstead from Pexels

    Tips Menghindari toxic productivity

    Membuat tujuan yang realistis

    Agar mencapai tujuan yang kamu inginkan, buatlah tujuan yang realistis dan bersifat fleksibel. Jika hal itu diterapkan, maka akan membantu kamu lebih mudah untuk mencapai tujuan.

    Beristirahat

    Tubuh dan pikiranmu penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, kamu justru dapat meningkatkan produktivitas, serta membuat kamu lebih efektif dalam bekerja. Kamu juga dapat membuat perencanaan untuk aktivitas yang kamu senangi untuk mengisi waktu luang.

    Menetapkan boundaries untuk diri sendiri

    Buatlah aturan untuk diri sendiri dan patuhi aturan tersebut untuk membantu kamu dalam memanfaatkan waktu yang lebih efisien.

    Baca juga: Kenali Perbedaan Antara Toxic Positivity & Optimis

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version