Friday, April 19, 2024
25.9 C
Jakarta
More

    Tata Cara Isolasi Mandiri Yang Benar

    Isolasi mandiri diwajibkan bagi kamu, pasien Covid-19 yang tidak bergejala atau dengan gejala ringan dan sedang. Metode isolasi mandiri ini diterapkan karena banyaknya Rumah Sakit yang overloaded. Sehigga, jika kamu atau anggota keluarga terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang  atau tanpa gejala, kamu bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.  

    Isolasi mandiri di rumah bisa kamu lakukan dengan menerapkan cara-cara berikut ini! 

    Kamar terpisah 

    Usahakan kamar yang dipakai untuk isolasi mandiri terpisah dari anggota keluarga yang lainnya dan memiliki ventilasi udara yang baik. 

    Kamar mandi terpisah 

    Saat menjalani masa isolasi mandiri,gunakan kamar mandi secara terpisah, jika tidak tersedia lakukan desinfektan secara rutin pada permukaan benda yang telah disentuh.

    Menggunakan alat makan dan minum terpisah 

    Selain kamar mandi dan alat mandi yang terpisah, kamu juga harus menggunakan alat makan dan minum yang terpisah dari anggota keluarga lainnya saat isolasi mandiri.

    Gunakan masker 

    Satu anggota keluarga sedang isoman, seluruh anggota keluarga wajib menggunakan masker dengan baik dan benar. Gunakan double masker untuk perlindungan ekstra dengan cara menggunakan masker medis untuk bagian dalam, kemudian lapisi dengan masker kain di bagian luar. 

    Photo by Polina Tankilevitch from Pexels.com

    Rutin mencuci tangan 

    Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering menyentuh mata, hidung, dan mulut. Maka dari itu, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. 

    Hindari kontak dengan orang lain 

    Selama isoman, hindari kontak dengan anggota keluarga atau dengan orang lain. Pasien isoman juga tidak diizinkan untuk berpergian dan menerima tamu. 

    Berkoordinasi dengan puskesmas

    Hubungi puskesmas setempat. Beritahu kalau kamu atau anggota keluarga sedang melakukan isolasi mandiri. Tujuannya, agar kamu atau anggota keluarga bisa mendapatkan obat-obatan atau perawatan Covid-19 di rumah dan ketika kondisi semakin menurun, tenaga medis dari puskesmas sudah siap datang ke rumah dan melakukan tindakan lanjut. 

    Lapor pada Satgas Penanganan Covid-19 

    Selain puskesmas, kamu juga perlu lapor kepada Satgas Penanganan Covid-19 jika keadaan semakin memburuk. 

    Patuhi protokol kesehatan 

    Bagi anggota keluarga yang merawat harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Bagi kamu yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19, segera daftarkan diri dan dapatkan vaksin Covid-19 karena vaksin adalah salah satu cara untuk memutus rantai penularan Covid-19. 

    Kamu bisa mendapatkan informasi seputar Covid-19, baik tips dan trik di masa pandemi, maupun informasi seputar program bantuan melalui website www.indonesiapastibisa.org

    Tetap waspada, jangan panik, dan saling bantu, #Indonesiapastibisa!

    Baca juga Layanan Telemedisin Diperluas ke 8 Kota

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version