Thursday, April 18, 2024
25.9 C
Jakarta
More

    Tetap Jaga Imun Walaupun Sudah Vaksin

    Vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih terus berlangsung. Hal ini ditujukan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu akan tertular apabila sudah divaksin. Hal itu dapat saja terjadi, tetapi karena kamu sudah divaksin, gejala dan efek samping Covid-19 akan jauh berkurang daripada tidak divaksin.

    Maka dari itu, setelah vaksinasi, penting untuk terus menjaga diri dari risiko penularan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjaga imun. Agar imun tetap kuat, kamu perlu menerapkan pola hidup seperti berikut ini!

    Istirahat yang cukup

    Imun tubuh sangat bergantung pada kecukupan waktu istirahat. Jika tidur kamu cukup, imun tubuh akan bekerja dengan baik untuk melawan infeksi termasuk yang disebabkan oleh virus corona ini.

    Tidur juga merupakan salah satu cara terbaik unutk mengendalikan stres. Sebab, stres dapat berpengaruh terhadap kekuatan imun. Jika kamu mengalami stres, imun tubuh akan menurun.

    Rutin berolahraga untuk meningkatkan imun

    Jangan lupa untuk rutin berolahraga. Olahraga juga merupakan salah satu cara untuk menjaga imun tubuh tetap kuat seperti yang dikatakan Ade Rai pada webinar Gerakan #Indonesiapastibisa “Konsumsi Vitamin D dan Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Covid-19” beberapa waktu lalu.

    Selain baik untuk kesehatan fisik, olahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat stres berkurang. Jika kamu merasa Bahagia, imun tubuh pun  akan meningkat.

    Pola makan sehat dapat meningkatkan imun

    Setiap makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk berfungsi dengan baik, termasuk imunitas. Penting bagi kamu untuk memiliki pola makan yang sehat setelah divaksin Covid-19. Walaupun pola makan sehat tidak dapat benar-benar mencegah atau menyembuhkan infeksi Covid-19, tetapi hal tersebut dapat menjaga imun agar tetap kuat.

    Berjemur dan konsumsi vitamin

    Vitamin memiliki peranan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah vitamin D. Vitamin ini dapat diperoleh dengan berbagai cara seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, berjemur dengan paparan sinar matahari pagi, dan melalui konsumsi suplemen.

    Namun, perlu diingat, kebutuhan vitamin D seseorang berbeda-beda, sebaiknya kamu konsultasikan dan cek terlebih dahulu ke dokter. Untuk berjemur, sesuai dengan saran dr. Henry Suhendra, Sp.OT, pada webinar Gerakan #Indonesiapastibisa “Konsumsi Vitamin D dan Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Covid-19” beberapa waktu lalu, sebaiknya berjemur pada pukul 11.00-13.00.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version