Friday, April 19, 2024
28 C
Jakarta
More

    Tingkatkan Imunitas di Bulan Puasa Dengan Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur

    Saat Bulan Ramadan datang, asupan makanan dan gizi seimbang justru menjadi hal yang penting untuk lebih diperhatikan. Terlebih di momen ramadan kali ini yang berbeda dari biasanya, dimana masyarakat Indonesia sedang bersama-sama memerangi virus covid-19 yang sedang merebak di berbagai daerah. Untuk itu, kita perlu untuk lebih aware dan memperhatikan asupan makanan bernutrisi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari resiko penularan virus.

    Nutrisi yang ada dalam makanan sehat bisa membantu tubuh untuk tetap bugar dan memaksimalkan kerja organ. Untuk bisa meningkatkan imunitas tubuh, makanan sehat ini harus mengandung berbagai jenis vitamin diantaranya vitamin C, B6, dan E. Selain itu, kandungan mineral, protein, lemak, dan sebagainya juga penting dalam pembentukan enzim baru. Kandungan nutrisi baik ini tentu bisa kita temui dalam berbagai jenis buah dan sayur. Karena itu, untuk meningkatkan imunitas di bulan puasa ini, yuk kita perbanyak konsumsi makanan sehat saat sahur sebagai sumber energi agar bisa beraktivitas. Nah, beberapa referensi makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat sahur diantaranya ada:

    Tumis Brokoli

    Kandungan vitamin C dan serat yang kaya dalam brokoli sangat baik untuk tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung glukorafanin, yakni bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Untuk kamu yang ingin mengonsumsi brokoli, kamu bisa memaksaknya dengan resep ditumis ya! Tapi ingat, jangan menumisnya hingga terlalu matang dan layu karena bisa mengurangi khasiat yang ada di dalamnya.

    Cah buncis wortel bumbu bawang

    Buncis mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan juga zat lain seperti folat, protein, dan serat. Buncis sangat cocok jika disantap dengan ditemani bersama wortel yang juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan juga zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa menumis buncis bersama dengan wortel dengan menambahkan bumbu sederhana seperti bawang putih dan bawang merah yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

    Tumis salmon bayam

    Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan omega 3, protein, dan juga antioksidan penting bagi tubuh. Selain itu, salmon juga merupakan jenis ikan yang kaya akan potassium dan rendah lemak. Kamu bisa kombinasikan salmon dengan bayam yang mengandung vitamin C dan A yang baik dan efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

    Salad buah dan sayur

    Jika tidak ingin makan berat, kamu bisa memilih alternative lain sepeerti mengonsumsi salad buah dan sayur saat sahur. Kandungan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam berbagai jenis buah dan sayur tentu sangat efektif untuk menjaga imunitas tubuhmu. Kamu juga bisa menambahkan yogurt yang kaya akan vitamin B, zink, dan kalsium agar saladmu semakin nikmat disantap!

    Minuman herbal

    Saat berpuasa, kamu harus banyak mengonsumsi mineral agar cairan tubuhmu seimbang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis minuan herbal yang baik untuk tubuh seperti minuman herbal berbahan dasar jahe, kunyit, air lemon, madu, serai, dan kencur. Beberapa jenis minuman herbal tersebut bisa memberikan sensasi hangat dan membuat tubuhmu merasa segar. Kandungannya pun bisa meningkatkan kondisi imunitas tubuh lho!

    Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sahur yang sehat dengan berbagai kandungan zat baiknya. Makanan tersebut tentunya bisa membantumu menjaga sistem imun agar bisa menjalani aktivitas ditengah pandemic covid-19 yang sedang dialami oleh masyarakat Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menjaga Kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan juga berolahraga ya!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version