Friday, March 29, 2024
30 C
Jakarta
More

    Tips Aman Berbelanja Online di Marketplace

    Kegiatan belanja online atau online shopping sudah sering kita lakukan. Terlebih lagi sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020, kegiatan belanja online menjadi sangat meningkat karena masyarakat sempat merasakan lock down dan tidak dapat membeli kebutuhan keluar rumah, 

    Berbelanja online dapat menghemat waktu dan tenaga kita. Kita bisa melakukan kegiatan tersebut sambil melakukan aktivitas lain. Namun, belanja secara daring terkadang memiliki potensi terhadap isu keamanan dan kepercayaan. 

    Membeli barang secara online, kita tidak bisa memastikan barang yang akan dibeli apakah asli atau tiruan, belum lagi fungsi dan kondisi barang yang tidak kita lihat secara langsung. Kita juga tidak mengenal sang penjual dan lain sebagainya. 

    Aktivitas belanja secara daring juga dapat mengancam keamanan finansial jika tidak dilakukan secara cermat dan hati-hati. Agar terhindar dari risiko belanja online, simak beberapa tips belanja online agar aman dan tidak tertipu berikut ini!

    Mencari tahu reputasi penjual 

    Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang atau kebutuhan secara daring, sebaiknya kamu riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli. Tentunya, hal ini akan lebih mudah dilakukan jika toko tersebut berada di marketplace. 

    Kamu dapat memastikan status toko, apakah aktif atau tidak. Kamu juga dapat mengetahui lamanya toko itu sudah berdiri atau bergabung di marketplace yang kamu pilih. Bahkan, kamu bisa mencari tahu testimoni tentang toko tersebut, apakah lebih banyak yang positif atau negatif. 

    Cek rating dan ulasan produk 

    Setelah kamu memastikan penjual dapat dipercaya, kamu bisa cek rating dan ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dahulu. Simak ulasan satu per satu, perhatikan foto yang disematkan untuk membantu kamu agar semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli. 

    Photo by Gerd Altmann from Pixabay

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version