Saturday, April 20, 2024
32.7 C
Jakarta
More

    Tips Berkendara Aman Saat Tiba Musim Anak Bermain Layangan

    Saat tiba musim layangan, para pengendara motor tentu dituntut untuk lebih wasapda di jalan. Hal ini karena benang layangan bisa saja membahayakan nyawa pengendara motor yang melintas di jalanan. Tak jarang, banyak kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh putusnya benang layangan yang mencederai pengendara motor yang sedang melintas hingga terluka parah.

    Untuk menghindari hal tersebut, kamu sebagai pengendara motor harus mengetahui berbagai tips berkendaraa aman saat tiba musim layangan nih! Apa saja sih yang perlu kamu perhatikan?

    Selalu waspada

    Jalanan bukanlah tempat yang aman dan membutuhkan kewaspadaan penuh dari para pengendara. Fokuskan pandangan ke jalan dan lihat dengan detail adakah potensi bahaya di sekitar kita. Pasalnya, benang layangan punya ukuran yang sangat tipis sehingga sulit terlihat oleh mata. Jadi, tetaplah waspada dan fokus saat berkendara ya!

    Gunakan alat keselamatan berkendara

    Meski di jalan yang sepi sekalipun, kamu harus tetap mengenakan alat keselamatan berkendara seperti helm. Mengenakan helm bisa melindungi kepalamu dari potensi kecelakaan yang diakibatkan karena adanya benang layangan yang mengenai area kepala atau potensi kecelakaan saat kamu terjatuh dari sepeda motor.

    Kenakan Jaket

    Jangan lupa untuk mengenakan jaket saat berkendara. Khususnya jaket yang menutup hingga bagian leher. Hal ini bisa menghindarimu dari sayatan benang layanangan yang putus di tengah jalan. Alih-alih mengenai langsung kulitmu, kamu bisa menghindarinya karena sudah mengenakan jaket. Sehingga potensi diri terluka karena benang layangan bisa berkurang.

    Berkendara dalam kecepatan rendah

    Saat musim layangan, banyak anak-anak yang tak kenal tempat dan bermain layangan sembarangan. Sehingga, hal ini menuntut para pengendara untuk lebih waspada dan berkendara di kecepatan yang rendah untuk menghindari potensi kecelakaan. Selain itu, berkendara dalam kecepatan rendah juga bisa membuatmu lebih fokus untuk memperhatikan segala sesuatu yang ada di jalanan sehingga bisa lebih waspada akan potensi-potensi kecelakaan yang bisa saja terjadi.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version