Saturday, April 20, 2024
28 C
Jakarta
More

    Tips Bersihkan Earphone Agar Terhidar dari Bakteri

    Siapa yang tak mengenal istilah earphone? Kini, earphone nampaknya menjadi teman setia bagi beebrapa orang, khususnya masyarakat pengguna kendaraan umum yang seringkali menggunakan earphone untuk menghibur diri dengan mendengarkan music ditengah perjalannya. Namun, tahukah kamu bahwa earphone merupakan salah satu benda yang mengandung banyak bakteri?

    Para pengguna earphone seringkali menaruh benda ini di sembarang tempat dan sering meminjamkannya kepada orang lain sehingga earphone mudah terkontaminasi bakteri. Karena itu, earphone harus rutin dibersihkan agar bakteri tidak membahayakan kesehatan telinga kita. Selain menghindari bakteri, membersihkan earphone juga bisa membuat performanya semakin baik lho. Nah, berikut ini 3 cara membersihkan earphone yang tepat dan benar ya!

    Sikat permukaan

    Sebelum menyikat earphone dan membersihkannya, kamu perlu melepas bagian earbud terlebih dahulu. Arahkan bagian dalam earphone ke bawah lalu kamu bisa langsung mulai menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi. Menyikat earphone dengan sikat gigi ini bisa membantu membersihkan earphone ke seluruh bagian.

    Bersihkan dengan cottonbuds dan alcohol

    Setelah menyikatnya dengan sikat gigi, kamu bisa membersihkan earphone dengan cuttonbuds yang dibasahi dengan cairan alcohol. Cara ini bertujuan untuk mensterilkan permukaan dan menghilangkan sisa kotoran telinga di earphone yang masih menempel. Tapi yang perlu diperhatikan, jangan membuat cuttonbuds terlalu basah dengan alcohol. Hal tersebut bisa membuat cairan alcohol justru masuk dan merusak earphone.

    Keringkan dengan kapas atau tissue

    Setelah membersihkannya dengan alcohol, kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan kapas atau tissue. Agar lebih bersih, kamu bisa menggunakan sticker untuk ditempelkan ke earphone yang sudah dibersihkan tadi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih menempel.

    Cuci earbuds

    Kamu bisa membersihkan bantalan earbuds dengan mencucinya menggunakan sabun cuci piring. Caranya, tuangkan sabun dengan air hangat, kemudian cucilah airbuds hingga permukannya bersih sampai taka da kotoran yang menempel. Gunakan permukaan yang halus untuk mencucinya ya!

    Bersihkan kabel

    Banyak dari kamu pasti mengalami kabel earphone yang menguning karena kotor. Kamu bisa membersihkannya dengan cara yang mudah lho! Bersihkan kabel earphone dengan menggunakan minyak kayu putih atau baby oil. Basahi kapas dengan cairan baby oil/ minyak kayu putih tersebut kemudian gosokkan ke permukaan kabel earphone hingga kotoran sedikit memudar dan warnanya membaik. Meski tak Kembali 100%, paling tidak kabel earphone sudah tak berwarna kuning dan lebih bersih dari sebelumnya.

    Nah, itu dia tips dan trick membersihkan earphone yang sangat mudah. Selamat mencobanya di rumah ya!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version