Tuesday, April 16, 2024
34.1 C
Jakarta
More

    Tips Memilih Pakaian Olahraga Wanita yang Tepat

    Tidak hanya mengutamakan kenyamanan saat berolahraga, sebaiknya kita juga memerhatikan fungsi dan penggunaan yang tepat pada pakaian olahraga. Pakaian olahraga yang baik adalah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan cuaca. 

    Kemampuan baju dalam menyerap keringat dengan baik adalah keunggulan utama pakaian olahraga dibandingkan pakaian lainnya. Maka dari itu, kamu perlu memilih bahan baju yang mampu menyerap keringat dengan baik. Hal ini juga berguna agar kelembapan tubuh tetap terjaga tanpa menghilangkan rasa nyaman.

    Jika kamu tidak menggunakan pakaian yang tepat, olahraga akan berujung pada ketidaknyamanan fisik. Bahkan, kamu bisa kelelahan, sakit, hingga cedera. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pakaian olahraga khususnya untuk wanita. 

    Pemilihan kain dan bahan pakaian olahraga

    Photo by Gustavo Fring (Pexels.com)

    Banyak pakaian olahraga yang terbuat dari bahan katun. Walaupun dibilang mampu untuk menyerap keringat dengan baik, namun bahan ini tidak dapat menguapkannya kembali dengan cepat. Hal ini menyebabkan pakaian olahraga berbahan katun akan terasa berat dan lembap saat berolahraga. Bahan katun cocok apabila kamu ingin olahraga yang tidak terlalu mengeluarkan keringat. 

    Pakaian olahraga berbahan sintetis dilengkapi dengan sumbu yang mampu mempercepat penguapan keringat langsung dari kulit. Kain jenis ini biasanya mengandung polipropilen yang membuat baju olahraga tidak sebasah bahan lain meski tubuh mengeluarkan banyak keringat. Jika kamu berolahraga secara aktif dan banyak keringat, kamu mungkin bisa mencoba pakaian olahraga dengan bahan sintetis. Namun, bahan ini dapat membuat kamu merasa tidak nyaman karena mempercepat penguapan, bukan menyerap keringat. 

    Sebaiknya kamu menghindari pakaian olahraga wanita yang terbuat dari bahan plastik atau karet. Kedua bahan tersebut dapat menyusahkan tubuh untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Suhu tubuh menjadi terlalu tinggi karena keringat tertahan di dalam tubuh karena tidak ada sirkulasi. 

    Pilih yang sesuai kebutuhan

    Sebaiknya pakaian olahraga tidak terlalu ketat pada bagian sendi-sendi. Jangan sampai pergerakan kamu terganggu karena pakaian yang terlalu ketat. Baju yang terlalu ketat dapat berisiko mengganggu aliran darah. 

    Photo by Burst (Pexels.com)

    Gunakan pakaian olahraga sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Hindari penggunaan celana panjang saat bersepeda untuk meminimalisir risiko celana menyangkut pada pedal. Gunakan pakaian yang membuat kamu mampu bergerak dengan leluasa apabila kamu berolahraga yoga atau pilates. 

    Untuk para wanita, sebaiknya menggunakan bra khusus olahraga. Bra khusus olahraga diperlukan untuk mendukung fleksibilitas dan perlindungan pada bagian payudara. 

    Photo by Tirachard Kumtanom (Pexels.com)

    Lengkapi dengan sepatu olahraga yang sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Pemilihan sepatu olahraga yang tepat sangat penting untuk melindungi kaki cedera, serta meningkatkan kinerja. Hindarilah sepatu yang day redamnya rendah agar tidak membahayakan kaki dan tulang saat meloncat. 

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version