Friday, March 29, 2024
30 C
Jakarta
More

    Tips Untuk Melindungi Ponsel Dari Malware

    Malware atau Malicious Software kerap menyerang telepon selular (ponsel) atau smartphone, terutama pada pengguna Android. Sayangnya, tidak semua pengguna Android memperhatikan keamanan perangkatnya. Salah satu tanda ponsel kamu terserang malware adalah sering muncul iklan terus menerus. 

    Meskipun sebagian besar virus mudah dihilangkan, ada beberapa bug yang tidak mudah dihilangkan, sehingga penting untuk para pengguna ponsel mengambil tindakan agar perangkat yang digunakan tidak terkena malware. Berikut sejumlah cara untuk menghentikan serangan malware. 

    Mengunduh aplikasi dari layanan resmi 

    Pastikan kamu mengunduh aplikasi dari layanan resmi, seperti Google Play Store. Kamu juga perlu memperhatikan peringkat dan ulasan aplikasi terlebih dahulu sebelum mengunduhnya. Jika aplikasi tersebut memiliki peringkat dan jumlah unduhan yang rendah, sebaiknya kamu menghindari aplikasi tersebut. 

    Photo by Olivier Bergeron (Unsplash.com)

    Hindari aplikasi dari pihak ketiga 

    Aplikasi pihak ketiga biasanya hanya dapat diakses lewat surel website dan tidak terdaftar, serta tidak terdeteksi oleh Google Playstore. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah disusupi perangkat lunak yang berbahaya karena itu hindari untuk mengunduh aplikasi sejenis APK di luar Google Playstore. Untuk mengaturnya kamu bisa membuka pengaturan ponsel, kemudian keamanan. Dalam menu ini pastikan untuk menonaktifkan Sumber Tidak Dikenal.

    Jangan klik iklan pop-up saat browsing internet 

    Iklan pop-up akan mengarahkan kamu ke situs lain ketika kamu mengkliknya. Beberapa iklan pop-up secara paksa membuat pengguna untuk memasang malware di perangkat tanpa kamu sadari. Maka dari itu, hati-hati bila menemukan iklan pop-up di suatu situs dan jangan sampai kamu mengkliknya. 

    Photo by Unsplash.com

    Menginstal aplikasi antivirus 

    Kamu juga dapat menginstal antivirus di ponsel untuk mencegah atau menghentikan serangan malware. Aplikasi antivirus dapat mengetahui dan mendeteksi aplikasi buruk pada smartphone. Sayangnya, layanan ini memberikan dampak negatif, yaitu kinerja ponsel yang semakin lambat. Mungkin kamu bisa mengunduh antivirus, seperti  Malwarebytes, Norton, Lookout atau Bitdefender untuk memindai perangkat agar terbebas dari serangan virus atau malware.

    Nah, itu tadi tips-tips yang harus kamu lakukan agar ponselmu tetap aman dan terbebas dari serangan malware.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version