Tuesday, April 16, 2024
33 C
Jakarta
More

    Turunkan Kadar Kolesterol dengan Buah

    Saat lebaran kemarin, nafsu kita menyantap berbagai hidangan dan makanan khas idul ftri tak bisa dibendung. Mulai dari opor ayam, rendang, sayur lodeh, ketupat, hingga kue kering yang berlimpah. Nah, beberapa makanan tersebut ternyata mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi tentunya bisa membahayakan kesehatan kita lho!

    Meskipun kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jumlahnya yang berlebihan akan membuat peredaran darah kita tidak lancar dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah ya, guys! Nah, untuk kamu yang sudah terlanjur makan hidangan lebaran lalu tanpa control, sebaiknya, mulailah mengonsumsi berbagai makananan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Berikut ini adalah 5 buah yang ampuh menurunkan kadar kolesterol lho! Apa saja ya?

    Pisang

    Pisang merupakan salah satu buah yang memang dikenal memiliki banyak mafaat. Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengonsumsi pisang secara rutin bisa menurunkan kolesterol dengan cara membersihkannya dari saluran pencernaan, sehingga kolesterol tidak menyumbat aliran darah dan arteri. Pisang sangat baik dikonsumsi saat pagi hari sebelum sarapan lho!

    Stroberi

    Buah yang punya tampilan cantik satu ini juga memiliki fungsi menurunkan kolesterol dalam darah lho! Stroberi ini kaya akan polifenol, yakni senyawa alami yang bisa membantu mengatur sistem pembuluh darah. Meski citarasanya yang agak masam. Stroberi tetap enak dikonsumsi secara langsung kok! Menurut studi, stroberi ini dapat menurunkan kolesterol sekaligus menurunkan resiko penyakit jantung lho, guys!

    Tomat

    Buah satu ini pasti kamu sudah tahu kan? Sering dikombinasikan dengan sayur mayur, tomat ternyata memiliki kandungan potassium, vitamin A, dan vitamin C yang baik bagi tubuh lho! Buah berwarna cerah ini juga kaya akan antioksidan likopen yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Citarasa tomat yang asam dan manis serta juicy ini sangat nikmat dikonsumsi, apalagi dalam keadaan dingin. Dijamin menyegarkan deh!

    Alpukat

    Buah berwarna hijau yang seringkali kita konsumsi dalam bentuk jus buah ini memang memiliki banyak manfaat. Alpukat ini kaya akan lemak dan serta tak jenuh yang dapat menyehatkan jantung. Menurut peneliti, mengonsumsi alpukat dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke lho! Alpukat juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

    Apel

    Buah yang ikonik dengan kisah Snow White ini ternyata juga bisa lho menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Para ahli gizi menyarankan, apel sangat baik bagi tubuh, terlebih jika kamu mengonsumsinya bersama dengan kulit sekaligus. Kulit buah apel ini ternyata mengandung senyawa antioksidan fenolik yang bisa melancarkan peredaran darah, guys!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Exit mobile version