Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

4 Trik Membuat Diri Sendiri Senang Berhemat

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Membiasakan diri untuk bersikap hemat memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Kebanyakan orang merasakan kesulitan dalam memisahkan uang penghasilannya untuk menabung dan menahan diri untuk menghabiskannya. Padahal, menabung untuk masa depan sangatlah penting dilakukan. Karena, taka da manusia yang bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga, tabungan masa depanlah yang bisa menyelamatkan kita dari situasi buruk. Untuk bisa membiasakan diri berhemat uang dan fokus menabung untuk masa depan, ini dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan ya!

Tetapkan tujuan

Sebelum memulai menabung dan berhemat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan awal. Tujuan ini berfungsi sebagai motivasi untuk menghadapi kesulitan yang mungkin saja terjadi dan bisa menggoyahkan keyakinan kamu dalam menabung. Misalnya, kamu ingin di masa tuamu bisa memiliki rumah mewah dan mobil, maka jadikan hal tersebut sebagai tujuan menabung sehingga kamu bisa memperhitungkan berapa uang yang kamu butuhkan dan juga membayangkannya jika saja keyakinanmu dalam menabung mulai loyo karena banyak godaan datang.

Berikan diri sendiri hadiah

Selain menetapkan tujuan, hal berikutnya adalah memberikan dirimu sendiri hadiah saat kamu berhasil menabung dalam jangka waktu tertentu. Jangan menjadi terlalu pelit pada sendiri. Karena kamu telah bekerja keras dalam menabung, tidak ada salahnya loh memberikan diri sendiri hadiah sebagai apresiasi. Ketika kamu merasa senang karena telah memberikan dirimu apresiasi, hal ini bisa memotivasimu lebih lagi dalam menyisihkan uang lebih banyak di masa depan.

Gunakan aplikasi hemat uang

Salah satu yang menjadi hal sulit saat ingin mulai menabung adalah memisahkan anggaran pemasukan dan pengeluaran. Untuk memudahkanmu memonitor keuangan agar semuanya tercatat dengan baik dan rapi, gunakanlah aplikasi keuangan. Kini banyak perusahaan teknologi yang meluncurkan aplikasi pencatat keuangan yang bisa membantu kamu dalam mengelola segala pemasukan dan pengeluaran. Sehingga, kamu bisa mengetahui kemana saja uangmu pergi dan tak kebingungan jika tiba-tiba uangmu habis. Karena semua transaksi yang kamu lakukan telah dicatat dengan baik.

Saat bisa Do It Yourself, maka lakukanlah!

Biasanya, seseorang akan sangat mudah tergoda jika ada diskon besar-besaran di mall atau e-commerce, meskipun barang tersebut tidak begitu diperlukan. Kebanyakan orang suka membeli barang yang tidak diperlukan hanya karena tampilannya lucu dan menggemaskan. Jika kamu ingin bisa mengumpulkan uang dan menabung untuk masa depan, maka kurangilah kebiasaan belanja yang tidak perlu ya! Akan lebih menguntungkan jika kamu bisa memanfaatkan berbagai barang bekas yang ada di rumah untuk dijadikan benda serupa yang kamu butuhkan sehingga bisa lebih menghemat uang. Selain hemat dan unik karena bikinan sendiri, melakukan DIY alias Do It Yourself ini juga bisa menjadi kegiatan alternatif yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang loh!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel