Tuesday, August 16, 2022
30.1 C
Jakarta
More

    5 Aplikasi Untuk Bantu Ibadah Lebih Khusyu Saat Ramadan

    Bulan Ramadan telah tiba, itu tandanya kita sebagai umat islam harus saling berlomba-lomba dalam kebaikan dan berlomba dalam meningkatkan kualitas ibadah. Dalam bulan yang baik ini, selain ibadah puasa yang wajib kita jalankan, berbagai ibadah lainnya juga dianjurkan untuk dilakukan seperti misalnya shlalat sunnah tarawih, sahur, tadarus, dan masih banyak lagi.

    Untuk memudahkan kamu beribadah, kini banyak aplikasi-aplikasi untuk smartphone dengan berbagai fitur islami yang tentunya bisa membantu kamu untuk melakukan ibadah dengan lebih khusyu. Nah, ini dua 5 aplikasi smartphone yang bisa membuatmu lebih khusyu dalam beribadah saat bulan Ramadan datang!

    Muslim Pro Indonesia

    Unduh Muslim Pro premium Apk 10.2.4 untuk Android

    Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dan telah diunduh oleh sebanyak 10 juta pengguna. Berada di urutan atas Play Store maupun App Store, muslim pro bisa membantu kamu untuk menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Ada berbagai fitur yang bisa memudahkan kamu dalam beribadah diantaranya ada pengingat waktu shalat dengan suara adzan, Al-Quran dan terjemahannya dalam berbagai bahasa, penunjuk arah untuk menentukan kiblat, serta ada juga fitur pengingat waktu imsak saat bulan Ramadan tiba. Tak hanya itu saja, masih banyak fitur islami lainnya seperti kalender islam, kumpulan doa, dan masih banyak lagi yang bisa memudahkan kaum muslim untuk menunaikan ibadahnya.

    Muslim GO

    Memiliki basic fitur yang sama dengan muslim pro, aplikasi Muslim Go ini mengklaim dirinya sebagai aplikasi islami pertama karya anak bangsa. Fitur utama yang jadi andalan dari aplikasi Muslim Go ini adalah Al-Quran digital, waktu shalat wajib dan sunnah, kumpulan doa, kalender, direktori yang menunjukkan arah kiblat, daftar restoran halal di berbagai negara dan juga kumpulan surat pendek. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan yang bisa digunakan sebagai sarana edukasi seperti adanya buku anak, music, video, dan komik bertema islami. Untuk dapat menikmati fitur yang lebih beragam tersebut, pengguna harus berlangganan secara premium.

    Muslim Assistant

    Muslim Assistant Android & IOS App - Muslim Assistant

    Seperti namanya, aplikasi ini juga bertindak sebagai asisten yang selalu mengingatkan dalam hal beribadah. Aplikasi ini memiliki fitur yang serupa dengan aplikasi islam lainnya seperti adanya Al-Quran digital, kumpulan doa dan zikir, khutbah Jumat, hingga kalender Ramadan. Pengguna juga harus mengaktifkan langganan premium jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap dan beragam.

    Umma

    Diluncurkan pada tahun 2019 lalu, aplikasi Umma ini menawarkan berbagai fitur dan konten islami yang dipersonalisasi dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan fitur komunitas. Fitur dan konten tersebut diantaranya adalah Quran Quotes, Spirit Words, Video, Quran Recitation Video, Ramadan Recipe, dan grup chat islami. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur terbarunya yakni Ramadan Ummah yang bisa mempermudah pengguna dalam beribadah, belajar, serta berdonasi bersama dengan pengguna lainnya dalam menyambut bulan suci Ramadan.

    Kesan (Kedaulatan Santri)

    Terakhir, ada aplikasi bernama Kesan atau Kedaulatan Santri. Aplikasi ini merupakan aplikasi kepribadian muslim yang didesain untuk menemani para santri, purnasantri, dan umat Islam lainnya dalam beribadah. Diluncurkan sejak Mei 2019 lalu, aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur diantaranya adalah pengingat atau nudging untuk ibadah wajib maupun sunnah, dan juga kalender ramadan untuk mengetahui jadwal imsak. Selain itu, ada juga fitur dengan konten menarik seperti Kitab Kuning, Kalender Hijriyah, konten doa dan shalawat. Serta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

    Nah, itu dia 5 aplikasi yang bisa membantumu untuk lebih rajin dan khusyu dalam beribadah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan ya! Semoga bisa selalu istiqomah dalam beribadah dan semoga ibadah yang kita lakukan bisa membawa berkah bagi semua.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here