Monday, December 6, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

5 Aplikasi Video Conference Untuk Work From Home

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Himbauan pemerintah untuk melakukan Physical Distancing ditengah siatuasi pandemic covid-19 yang melanda Indonesia membuat sebagian besar perusahaan menerapkan sistem work from home bagi karyawannya. Work from home ini diterapkan untuk mengurangi potensi penularan yang lebih luas. Sehingga, karyawan dihimbau tidak perlu berangkat ke kantor dan cukup melakukan pekerjaannya dari rumah.

Namun, work from home tentu membuat koordinasi antara karyawan dan rekan kerjanya menjadi lebih sulit dilakukan karena tidak berada dalam tempat yang sama. Sehingga, mau tidak mau segala interaksi dan komunikasi dengan rekan kerja dijalankan secara online dengan bantuan beberapa aplikasi yang memudahkan. Nah, bagi kamu yang juga menjalani work from home dan membutuhkan referensi aplikasi video conference apa sih yang mudah dioperasikan untuk membantu koordinasi saat melakukan pekerjaan? Ini dia 5 Aplikasinya!

Skype

Aplikasi satu ini tentunya bukan aplikasi yang asing bukan? Skype yang sudah dirilis sejak tahun 2003 lalu ini menjadi salah satu aplikasi yang paling populer untuk melakukan panggilan video. Dengan firut terbarunya yang baru diluncurkan beberapa tahun lalu, Skype memungkinkan panggilan video untuk maksimal 50 orang pengguna. Panggilan video ini memiliki batas waktu dalam satu panggilan yakni 4 jam, dengan maksimal 10 jam per hari. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk merekam panggilan video yang kamu lakukan. Sehingga ketika meeting berlangsung, kamu tak perlu khawatir lupa tentang apa yang dibicarakan.

Zoom

Kini sudah taka sing lagi, aplikasi Zoom menjadi aplikasi yang belakangan ini sedang ngetren dikalangan karyawan yang melakukan work from home ditengah pandemic covid-19. Hampir mirip dengan Skype, Zoom juga memudahkan kamu untu melakukan panggilan video dengan maksimal 25 orang dalam versi gratisnya. Kelebihan zoom adalah adanya fitur share screen dimana bisa memperlihatkan layar computer/laptopmu dengan orang lain. Sehingga pengguna bisa menampilkan slide atau materi presentasi dan bisa dilihat oleh lawan bicara. Namun dalam versi gratisnya, kamu hanya bisa melakukan panggilan selama maksimal 40 menit saja. Jika ingin menginginkan waktu lebih lama, kamu harus membayarnya untuk berlangganan.

Google Hangout

Bisa mencakup lebih banyak orang disbanding Skype dan Zoom, dengan Google Hangout kamu bisa melakukan panggilan video dengan 250 orang. Aplikasi ini sangat berguna bagi para mahasiswa yang melakukan kuliah atau seminar secara online. Memiliki fitur yang hampir mirip dengan zoom, Google Hangout juga memiliki fitur share screen dimana kita bisa memperlihatkan layar computer ke lawan bicara sehingga semakin memudahkan meeting online yang berlangsung.

GoToMeetings

Aplikasi satu ini biasanya digunakan untuk meeting online. NAmun, tak bisa memuat banyak orang seperti Skype, Zoom, dan Google Hangout, GoToMeetings hanya bisa memuat 3 orang dalam satu panggilan video dalam versi gratisnya. Aplikasi ini akan cocok digunakan untuk kamu yang memiliki tim kerja dengan jumlah 1-3 orang. Untuk bisa menambah kapasitas orang, kamu harus membayar untuk berlangganan aplikasi ini.

Join.Me

Terakhir, ada aplikasi Join.Me yang bisa menjadi pilihan untuk kamu jika ingin melakukan panggilan video bersama rekan kerjamu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk meeting online yang juga memiliki fitur share screen. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengirim berkas melalui aplikasi ini sehingga bisa lebih memudahkaan ketika meeting online berlangsung.

Nah, itu dia 5 aplikasi video conference yang bisa membantu kamu melakukan pekerjaan dan berkoordinasi dengan rekan kerja secara online. Kira-kira, kamu pakai aplikasi yang mana nih?

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Resep Gingerbread Cookies, Cemilan Khas Natal

Menjelang perayaan natal pastinya akan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mulai dari dekorasi rumah, pilihan baju natal, hinggga...

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Populer Artikel