Tuesday, September 28, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

5 Cara Efektif Untuk Terhindar dari Virus Corona

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Setelah mengetahui apa itu virus corona, kita sebagai manusia baiknya bersikap selalu waspada dan menjaga diri agar terhindar dari virus berbahaya tersebut. Meski di Indonesia belum ada kasus dimana seseorang dinyatakan positif terinfeksi virus corona, tapi apa salahnya berjaga-jaga dan waspada?

Seperti yang diketahui, virus corona bisa menular dan menyebar dengan sangat mudah seperti halnya virus flu biasa melalui batuk atau bersin yang dikeluarkan oleh penderitanya. Untuk menghindari menyebarnya virus corona yang berbahaya, kita harus selalu waspada dan hati-hati ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Ini dia beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masuknya virus corona ke tubuhmu!

Biasakan mencuci tangan dengan benar sebelum berkegiatan

Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling sederhana yang efektif untuk menangkal penyebaran virus corona. Cucilah tangan dengan cara yang benar kurang lebih selama 20 detik menggunakan air mengalir. Pastikan seluruh bagian tanganmu tercuci hingga bersih termasuk bagian punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, siap sedia dengan handsanitizer dengan kandungan alcohol minimal 60% agar efektif menangkal kuman.

Cucilah tanganmu baik sebelum mulai aktivitas ataupun sesudah beraktivitas, khususnya saat sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, setelah membuang sampah, dan setelah batuk atau bersin.

Selalu mengenakan masker saat beraktivitas

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, sehingga penting bagi kamu untuk mengindari menghirup udara yang mungkin sudah terkontaminasi virus. Untuk mengatasinya, gunakanlah masker saat kamu beraktivitas kemanapun. Kamu bisa mengenakan masker bedah yang biasa banyak digunakan oleh orang-orang karena materialnya yang lebih nyaman. Atau untuk lebih aman, kenakanlah masker jenis N95 yang telah dirancang khusus untuk menyaring partikel-partikel berbahaya di udara.

Menjaga daya tahan tubuh

Segala jenis virus akan mudah menjangkit tubuh manusia jika manusia tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lemah, begitu pula dengan virus corona. Karena itu, untuk menghindari penularan virus corona, jagalah kondisi tubuh dan daya tahanmu. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bernutrisi seperti sayur, buah, dan makanan yang mengandung protein. Makan saja tak cukup, kamu juga harus mengimbanginya dengan berolah raga dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, daya tahan tubuhmu akan terjaga dan mengurangi kemungkinan terjangkit virus.

Menghindari bepergian ke negara terjangkit virus

Untuk sementara, hindarilah bepergian ke negara-negara yang telah terjangkit virus corona seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, dan juga Eropa. Terlebih juga ke negara asal penyebaran virus yakni kota Wuhan di China. Tahan dulu keinginan liburanmu ke negara-negara tersebut hingga virus ini mereda dan juga sudah teratasi dengan baik demi kesehatan dan keselamatanmu.

Tidak mengonsumsi hewan yang berpotensi menularkan virus corona

Seperti yang kamu ketahui, virus corona sendiri diidentifikasi menular melalui beberapa hewan seperti kelelawar dan ular. Karena itu, hindarilah untuk mengonsumsi daging hewa-hewan yang berpotensi menularkan virus tersebut. Jika kamu ingin mengonsumsi daging dan ikan, pastikan untuk mencuci hingga bersih terlebih dahulu daging-daging tersebut sebelum dimasak agar kamu terhindar dari virus dan kuman yang ada pada daging tersebut.

Nah itulah beberapa cara yang efektif dan bisa kamu terapkan untuk menghindari penularan virus corona ke tubuhmu. Ingat, tetap waspada akan semua kemungkinan dan berhati-hatilah ketika menjalankan aktivitas sehari-harimu ya!

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Meditasi Menenangkan Pikiran Untuk Pemula

Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang. Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan merupakan kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar...

Pengaruh Hipertensi Terhadap Vaksin Covid-19

Hipertensi menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan oleh seseorang yang hendak melakukan vaksinasi Covid-19. Bagi pengidap penyakit hipertensi,...

Hati-hati Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi atau high heels memiliki beragam model yang menarik. Sepatu hak tinggi dipercaya dapat memberikan kesan yang...

Populer Artikel