Saturday, December 4, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

5 Mobil Listrik yang Sudah Bisa Kamu Beli di Indonesia

Must Read

Titis Wasilia
Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun 2019 menjadi tahun awal berkembangnya era mobil listrik di Indonesia. Pemerintah secara resmi telah meneken kebijakan terkait mobil listrik pada bulan Agustus lalu. Beberapa pabrikan mobil mulai berlomba-lomba meluncurkan produk mobil terbaru yang ramah lingkungan dengan mesin hybrid. Hadirnya berbagai jenis mobil mesin hybrid ini menjadi bentuk persiapan awal sebelum mobil bermesin listrik penuh hadir meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Sepanjang tahun 2019, berikut daftar 5 mobil hybrid yang mengawinkan mesin bensin bersama dengan mesin listrik di Indonesia:

Toyota Camry Hybrid

Di awal tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Camry yang memiliki 3 varian, yakni Tipe G 2.5L, V 2.5L, dan Hybrid. Toyota Camry Hybrid punya dimensi panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan pendahulunya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya. Sementara itu, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya 1.470 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm.

Untuk urusan performa, Toyota Camry Hybrid mengandalkan jantung pacu A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc dengan tenaga 174 Tk pada 5.700 rpm. Mesin bensinnya menghasilkan torsi 220 Nm ditambah 202 Nm dari motor listrik. Mobil Toyota Camry Hybrid ini dibanderol dengan harga OTR Jakarta sebesar Rp 809,4 juta.

Toyota C-HR Hybrid

Belum cukup meluncurkan Toyota Camry versi Hybrid, Toyota kembali meluncurkan mobil hybridnya di bulan April 2019 lalu yakni Toyota C-HR Hybrid. Mobil ini dijual lebih mahal sekitar Rp30 juta dari versi konvensional dan memiliki tiga perbedaan, yakni lampu depan dan belakang, pelek, dan warna baru Radian Green dengan black roof.

Toyota C-HR Hybrid dipersenjatai mesin 2ZR-FXE dengan power 98 Tk yang dikombinasi motor listrik dengan power 35,2 Tk. Untuk konsumsi bahan bakar, C-HR Hybrid lebih efisien 62% dibandingkan varian konvensional dengan emisi CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60%. Harga Toyota C-HR konvensional saat ini mencapai Rp493,35 juta. Sedangkan Toyota C-HR Hybrid dibanderol Rp30 juta lebih mahal, tepatnya Rp523,35 juta. Keduanya memiliki varian dual-tone dengan menambah Rp1,5 juta.

Mercedes-Benz E300e EQ Power

Di segmen sedan premium, Mercedes-Benz juga tak mau kalah meluncurkan mobil hybrid untuk meramaikan era awal mobil listrik di Indonesia. Pada gelaran GIIAS 2019, Mercedes-Benz memamerkan mobil plug-in hybrid pertamanya, yaitu Mercedes-Benz E300e EQ Power. Terlahir sebagai produk pabrikan berlogo 3 bintang, tentunya sedan ini tampil elegan dan canggih.

Mercedes-Benz E300e EQ Power dibekali mesin bensin 2.000 cc turbocharger bertenaga 211 Tk dan torsi 350 Nm. Dapur pacu tersebut dipadu dengan motor listrik 122 Tk dan torsi 440 Nm. Kombinasi antara keduanya mampu menghasilkan torsi maksimum 700 Nm. Konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit, mencapai 1,8 liter/ 100 km dengan emisi gas buang 41g CO2/km. Di Indonesia, Mercedes-Benz E300e EQ Power dijual dengan harga Rp1,899 miliar (off-the-road). Artinya, banderol on-the-road bisa mencapai Rp2 miliaran.

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi juga menghadirkan gebrakan baru dengan meluncurkan mobil listrik pertamanya yakni Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) di ajang GIIAS 2019 lalu. New Outlander PHEV dibekali teknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan mesin bensin 2.4L, motor, dan juga baterai. Diimpor langsung dari Jepang, mobil ini hadir dalam 2 varian, yang dijual Rp1,2 miliar dan Rp1,3 miliar dengan dua warna pilihan putih dan hitam.

Teknologi yang digunakan pada Mitsubishi Outlander PHEV ini tidak hanya menggunakan elektrik sebagai tenaga utamanya. Hal utama yang menjadi andalan pada teknologi ini yaitu sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

Mitsubishi Outlander PHEV punya 3 mode pengendaraan, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Tidak hanya menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utamanya, namun kendaraan ini juga dapat menjadi sebuah generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya.

Toyota Corolla Altis Hybrid

Seakan belum puas dengan dua mobil hybridnya yang sudah diluncurkan pada awal tahun dan bulan April 2019 lalu, Toyota secara mengejutkan meluncurkan mobil hybrid terbarunya yakni Toyota Corolla Altis Hybrid pada September 2019 lalu. Sedan ini menjadi mobil hybrid keempat mereka di Indonesia, setelah Alphard Hybrid, Camry Hybrid, dan C-HR Hybrid.

Harga Toyota Corolla Altis Hybrid mencapai Rp566,3 juta. Secara fisik, sedan ini tak memiliki perbedaan yang mencolok dengan varian konvensionalnya dengan gril agresif yang dipadu LED headlight dan LED DRL. Untuk meningkatkan performa dan kenyamanannya, Toyota Corolla Altis Hybrid dibangun di atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Sasis ini diyakini lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Toyota Corolla Altis Hybrid dibekali dapur pacu hybrid berkode 2ZR-FXE. Tentu sistem ini memadukan mesin konvensional 1.798 cc dengan motor listrik. Tenaga yang dihasilkan mencapai 93,7 Tk dengan torsi maksimum 142 Nm.

spot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Meriahkan Natal dengan Inspirasi Outfit Ini!

Perayaan natal identik dengan warna merah. Persiapan pohon natal, ornamen, dan hiasan rumah tak luput dari perhatian setiap tahunnya....

Adu Eksis dengan Christmas Tiktok Dance Challenge

Halo, Sahabat SiCepat! Kabar baik datang dari SiCepat untuk kamu dan teman-teman yang menyukai tiktok dance. SiCepat mengadakan event...

Intip Manfaat Copywriting untuk Boost Sales Produk

Sudah mengenal copywriting? Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi dengan tujuan untuk menarik audiens agar melakukan hal yang kita...

Populer Artikel