Thursday, October 6, 2022
31.2 C
Jakarta
More

    5 Tanda Laptopmu Terinfeksi Spyware

    Kasus peretasan perangkat laptop/gadget kini kian marak terjadi. Para hacker dan orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan ketidaktahuan atau keteledoran pengguna untuk menyusup dan mencuri data pribadi lewat PC atau laptop. Hal ini tentunya perlu kamu waspadai ya!

    Peretasan ini bisa saja terjadi tanpa kamu sadar lho! Misalnya saja ketika kamu sedang mengunjungi situs web atau iklan. Nah sebenarnya, ada beberapa tanda dan ciri yang bisa kamu waspadai apakah laptopmu sudah diretas oleh malware atau spyware. Inilah beberapa tanda-tandanya guys!

    Program sering bermasalah dan crash

    Ada berbagai cara yang digunakan oleh hacker untuk bisa meretas perangkat laptopmu. Mereka bisa saja menggunakan berbagai kode tertentu untuk bisa mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Karena aktivitas yang dilakukan hacker tersebut, secara tidak langsung kamu akan merasakan dampaknya. Hal ini bisa membuat program yang beroperasi lebih lambat, sering error, dan crash. Untuk mengantisipasinya, jangan pernah menyimpan informasi finansial seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening ke dalam aplikasi ya!

    Performa PC atau laptop mejadi lemot

    Jika performa laptop kian melambat karena usianya yang sudah menua, itu adalah hal yang wajar. Namun, beda halnya jika kamu membeli laptop baru tapi tiba-tiba performanya melambat. Kamu perlu waspada ya! Hal ini bisa disebabkan karena laptopmu kemasukan malware atau spyware. Terkadang, hacker sering menyamarkan malware ini sebagai software resmi. Sehingga, mereka akan menghabiskan semua kemampuan prosessor dan membuat PC atau laptop berjalan semakin lambat.

    Webcam menyala secara tiba-tiba

    Tanda selanjutnya yang sangat perlu kamu waspadai adalah ketika webcam laptopmu menyala secara tiba-tiba tanpa kamu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Jika terjadi hal ini, kemungkinan besar laptopmu telah menjadi mangsa si hacker. Wasapada karena hacker bisa saja memata-mataimu melalui webcam. Ada baiknya, kamu menutup webcam saat tidak digunakan dengan lakban. Menyalakan mic jika memang diperlukan saja ya!

    Tiba-tiba muncul banyak iklan di layar

    Seringkali saat kamu berselancar di internet, secara tidak sengaja kamu mengklik banner mencurigakan. Banner ini bisa saja merupakan iklan berbahaya yang membawa malware dan spyware ke perangkatmu. Banner ini bisa menginfeksi laptop dan membuat perangkat memunculkan iklan dan plug-In yang tidak kamu ketahui di layar.

    Baterai Laptop Boros

    Biasanya, program spyware atau virus aktif tanpa sepengetahuan pengguna perangkat. Aktifnya program ini tentu akan menyedot kapasitas daya baterai laptop. Meskipun kamu hanya menggunakan laptop untuk kegiatan yang sederhana dan tidak membuka banyak program secara bersamaan, baterai laptopmu akan cepat habis karena ada aktivitas program spyware yang tidak kamu ketahui.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here