Saturday, December 10, 2022
32.4 C
Jakarta
More

    5 Tips Aman Mengendarai Skuter Listrik di Jalanan Jakarta

    Belakangan, keberadaan skuter listrik menjadi sebuah tren baru yang sedang berkembang di masyarakat. Beberapa unit skuter listrik bahkan disediakan oleh sebuah perusahaan transportasi yang bisa disewa oleh masyarakat di berbagai lokasi di sekitar Jakarta dengan tarif per jam.

    Skuter listrik ini seketika menjadi sebuah tren yang populer di kalangan masyarakat khususnya generasi milenial yang suka mencoba hal baru. Tak jarang, kalangan milenial bahkan sempat-sempatnya membuat konten saat mengendarai skuter dan membuatnya viral di media sosial. Hal tersebut merupakan hal yang tak patut dicontoh dan ditiru sebab bisa membahayakan nyawa, baik pengemudi skuter listrik, maupun orang-orang disekitarnya.

    Nah karena itu, majalah SiGesit akan memberimu beberapa tips aman mengendarai skuter listrik agar terhindar dari berbagai hal yang tak diinginkan. Yuk disimak!

    Selalu menggunakan pengaman

    Tak hanya mengendarai motor saja yang diharuskan menggunakan helm, saat mengendarai skuter listrik pun, kamu dihimbau untuk selalu menggunakan pengaman seperti helm dan juga jaket. Hal ini bertujuan untuk melindungi tubuhmu dari kemungkinan cidera buruk saat terjatuh dari skuter.

    Memperhatikan lalu lintas jalan

    Menggunakan skuter listrik di jalan bukan berarti kamu bisa bebas melenggang tanpa aturan. Justru, kamu harus tetap memperhatikan lalu lintas saat sedang mengendarai skuter listrik. Meski jalanan yang kamu lewati bukanlah jalan umum seperti yang dilewati oleh mobil atau motor, lalu lintas tetap menjadi faktor utama yang harus dipatuhi agar terhindar dari kemungkinan kecelakaan.

    Tidak menggunakan telepon genggam saat mengendarai skuter

    Nah, kebiasaan inilah yang akhir-akhir ini sering dilakukan oleh para pengguna skuter listrik, yakni menggunakan smartphone saat sedang mengendarai skuter listrik. Hal tersebut tentu bisa membahayakan kamu para pengendara skuter karena fokusmu akan tertuju ke smartphone, bukan ke jalanan. Hal tersebut harus dihindari agar kamu terhindar dari kemungkinan kecelakaan dan membahayakan orang lain saat mengendarai skuter listrik.

    Hanya untuk digunakan satu orang

    Skuter listrik hanya boleh dikendarai oleh seseorang yang sudah berusia 18 tahun ke atas atau orang yang telah memiliki lisensi berkendara. Karena bentuknya yang mini, skuter listrik ini hanya boleh ditunggangi oleh satu orang saja dengan bobot maksimal 100 kg. Nah, bagi anak-anak yang ingin mencoba mengendarai skuter listrik, penting bagi orang tua untuk mendampingi anak dan mengawasinya. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan yang terjadi.

    Cek segala hal yang berkaitan dengan skuter sebelum menjalankannya

    Sebelum mengendarai skuter listrik, pastikan untuk mengecek segala hal seperti kondisi gas, rem, baterai, lampu, bel, hingga cek kondisi cuaca. Hal ini tentunya bertujuan agar kamu bisa menikmati berkendara skuter dengan aman dan nyaman tanpa khawatir skutermu akan mogok di jalan.

    Titis Wasilia
    Titis Wasilia
    Currently working as Corporate Communication Staff in SiCepat Ekspres. Still learning to deliver informations through writing in a good way.

    Latest news

    Related news

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here